FOKUS: #KUDETA MILITER MYANMAR

Sempat Tertunda Yuni-Suroto Dilantik Jadi Bupati-Wakil Bupati 3 Hari Jelang HUT Sragen

Bupati Wakil Bupati Sragen terpilih periode 2021-2026 Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto.

KBRN, Surakarta: Setelah tertunda hampir sebulan akhirnya Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto akhirnya dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Sragen periode 2021-2026 Senin 24 Mei 2021 mendatang.

Pelantikan dijadwalkan secara tatap muka di Kantor Gubernur Jawa Tengah, di Semarang, bersama dengan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Demak. 

Ketua DPRD Sragen Suparno membenarkan beredarnya kabar pelantikan Bupati Wakil Bupati Sragen pada Senin mendatang. Suparno mengatakan, pelantikan maju dari jadwal semula bulan Juli, atas desakan dari DPRD Kabupaten Sragen. 

"Diawali pengajuan surat kami hari Senin dan direspon Kementerian Dalam Negeri. Siang tadi rakor akhirnya pelantikan Senin. Walau sore tadi tembusan surat belum di meja saya, tapi di group Forkopimda sudah muncul Senin pagi," terang Suparno kepada RRI, Sabtu (22/5/2021) malam.

Menurut politisi PDIP itu, kepala daerah dipimpin oleh Pelaksana Harian PLH tidak akan optimal, mengingat kebijakannya sangat terbatas. Atas surat yang dikirim DPRD, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya merespon dan melaksanakan pelantikan secepatnya. 

Menurut Suparno pelantikan berlangsung di Semarang dihadiri Bupati-Wakil Bupati dan juga Ketua DPRD saja. Sementara itu PLH Bupati, pejabat Forkompinda, Wakil Ketua DPRD dan juga Kepala OPD dan BUMD Se Sragen akan menyaksikan pelantikan secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen.

"Undangan menghadiri fisik hanya 15 orang di antaranya saya. Tapi yang lain, ketua fraksi wakil ketua dan Forkompim di sini (Virtual Pendopo Rumah Dinas Bupati)," sambung Suparno.

Plh Bupati Sragen Tatag Prabawanto menyampaikan telah menerima surat tembusan dari Kemendagri perihal pelantikan Kepala Daerah dan Wakilnya hasil Pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah. Tatag sebelumnya juga mengakui selama dijabat PLH memang terkendala aturan, sehingga kebijakan strategis tidak bisa dilakukan.

"Saya paling kebijakan yang ada tetap jalan sesuai dengan kebijakan Bupati petahana saja," katanya.

Untuk diketahui akhir masa jabatan (AMJ) jabatan Bupati-Wakil Bupati periode 2016-2021 Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriatno berakhir 4 Mei 2021. Sementara petahana yang berpasangan dengan Suroto kader PKB Sragen pada Pilkada Desember 2020 belum bisa dilantik meskipun Yuni-Dedy sudah AMJ.

Pelantikan Yuni-Suroto ternyata harus menunggu AMJ daerah lain di Jateng yakni Demak dan Pekalongan. Semula pelantikan Yuni-Suroto dijadwalkan Juli mendatang bersamaan dengan Demak, dan Pekalongan. Namun kabar terakhir Yuni-Suroto dilantik 3 hari sebelum hari ulang tahun Kabupaten Sragen ke 275 yang jatuh pada 27 Mei 2021.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar