Sekolah Sambil Bisnis Siswa SMA, Bukan Saingi SMK.

KBRN Surakarta : Era digitalisasi di massa pandemi Covid-19 hampir semuanya dilakukan secara online, sehingga adanya kreativitas baru dalam kewirausahaan penting pula disosialisasikan secara online. Pernyataan  itu disampaikan  Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Baedowi (Selasa 20/10/2020) kepada Wartawan, di sela-sela Launching Program Kewirausahaan SMA Muhammadiyah 3 Solo .

Prof Baedowi mengatakan,  kewirausahaan merupakan realisasi  kolaborasi antara kreatif dan inovatif. Untuk itu menurutnya, sosialisasi secara online  kegiatan kewirausahaan Sekolah diharapkan akan memiliki nilai tambah dan menjadikan SMA yang semula dinilai biasa menjadi SMA yang luar biasa. 

Sementara Kepala Sekolah SMA Muhammdiyah 3 Surakarta Sri Darwati kepada RRI  mengatakan, adanya program Kewirausahaan bukan berarti akan bersaing dengan SMK. Karena program kewirausahaan ini dikemas dalam program kegiatan pengembangan diri atau kegiatan ekstrakurikuler.

“ Program kewirausahaan ini bukan berarti akan bersaing dengan SMK, karena program kewirausahaan ini dikemas dalam program kegiatan pengembangan diri atau kegiatan ekstrakurikuler, “ jelasnya.

Sri Darwati menambahkan pihaknya menyiapkan program kewirausahaan jika nantinya Kegiatan Belajar Mengajar kembali dilaksanakan secara tatap muka.  Materi Ektra Kurikuler ,  menurutnya telah terjadwal untuk  Senin budidaya jamur tiram dan jamur kuping kemudian budidaya ikan dan hidroponik. Sedangkan selasa materinya bisnis digital yang dikemas dalam online shop, agar hasil produk siswa bisa dijual secara online. Kemudian hari rabu tentang Kain celup dan mengembangkan Industri kreatif membuat sulam pita untuk asesoris jilbab atau pakaian.

Program tahun pelajaran 2020/2021 di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tersebut menjalin kemitraan, selain dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, juga Politeknik Akbara, Dinas Perindustrian serta Balai Latihan Kerja Surakarta. Seusai launching, dilanjutkan pelatihan budi daya ikan  diikuti 15 Pengurus OSIS sekolah setempat. (Desk : Dyah Supana)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00