Lulusan UNISRI Ikuti Wisuda Secara Daring, Ijazah Tetap Harus Diambil di Kampus

KBRN Surakarta : Meski wisuda dilakukan secara Virtual, namun seluruh Wisudawan mendapatkan hak yang sama seperti Wisudawan pada pelaksanaan secara  luring, atau sebelum adanya Pandemi Covid-19. Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Daring Universitas Slamet Riyadi UNISRI Surakarta, Jaka Hartana SPd, menjelaskan pihak Universitas  telah menyelesaikan Ijazah beserta Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang akan diserahkan kepada wisudawan saat  mengembalikan toga ke kampus.

Ditambahkan, lulusan UNISRI Surakarta sejak 4 tahun terakhir, telah mendapatkan Ijazah yang memiliki  Nomor Ijazah Nasional (NIN), dan  bisa dicek pada Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL), jika diperlukan Perusahaan atau Lembaga sebagai pengguna lulusan Unisri Surakarta.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Humas Unisri Surakarta , Drs. Suharno MMAkt, menjelaskan wisuda periode ke-2 tahun 2020, wisudawan sebanyak 369 Sarjana sebagian besar berasal dari 6 kabupaten dan kota di wilayah Surakarta, meski ada dari luar Pulau Jawa sehingga secara administrasi tidak mengalami kendala. Diakui, wisudawan harus mengambil sendiri ijazah ke kampus Unisri di Kadipiro, dan pihaknya tidak melayani system Paket  Ijazah melalui jasa pengiriman, karena  untuk keamanan.

“ Ijazah,  ini sudah ada di kampus, sudah jadi semua , sudah siap, tetapi mereka harus mengambil sendiri ke kampus, sambil mengembalikan toga dan kami tidak bisa melayani paket Ijazah lewat jasa pengiriman, karena terlalu resiko,” jelasnya.

Wisuda daring yang akan diikuti 369 wisudawan, 17 orang di antaranya merupakan wisudawan terbaik dari 17 Program Studi yang akan mengikuti wisuda secara tatap muka di ruang Seminar Lantai 3 kampus setempat. Hal ini untuk mematuhi protocol kesehatan yang mensyaratkan dalam satu ruangan tidak lebih dari 30 orang. Sedangkan lainnya akan mengikuti acara seremonial dan pengukuhan oleh Rektor dari Kampus Unisri,  yang diikuti  pemindahan  kucir dilakukan orang tua wisudawan di rumah masing-masing. 

Hingga Wisuda periode dua tahun 2020, jumlah lulusan UNISRI jenjang S1 mencapai 20.179 sarjana dan jenjang S2 berjumlah 2.502 Magister. (Desk : Dyah Supana)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00