PJJ Ditengah Pandemi , RAPI Tawarkan Alternatif Pake HT

KBRN Sukoharjo : pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung sejak bulan Maret lalu benar-benar membuat kegiatan belajar mengajak (KBM) di semua sekolah menjadi tidak maksimal.

Disatu sisi KBM yang menggunakan system pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga banyak menuai kendala terutama  terkait jaringan sinyal HP yang terkadang sulit didapat.

Selain itu keluhan para orang tua yang gaptek atau minim pengetahuan tentang IT semakin membuat PJJ menjadi tidak maksimal.

Salah satu yang kini mulai dilakukan adalah PJJ menggunakan Handi Talky atau HT.

Adalah komunitas  Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sukoharjo yang memiliki gagasan bahwa PJJ menggunakan HT jauh lebih efektif.

Uji coba PJJ menggunakan HT tahap kedua di Sukoharjo mulai di uji cobakan di SD Negeri 4 Joko Sukoharjo Kota dan hasilnya mendapatkan respon positif dari dari para orang tua.

Salah satu ortu siswa, Tri Rahmamati mengaku senang jika PJJ online dapat diganti dengan HT.

“ Kami setuju PJJ pake HT. Sebab selama di rumah justru PJJ banyak disalah gunakan oleh anak-anak untuk bermain game dibandingkan mengikuti pelajaran yang dikirim melalui aplikasi khusus,” ungkap Tri kepada RRI, Selasa (22/09/2020).

Sementara itu Kepala SD Negeri 4 Joho Sukoharjo kota Nyonya Sularni menyatakan bahwa PJJ pake HT sangat bermanfaat.

“Selain murah dan praktis menggunakan HT juga tidak menggangu HP milik orang tua,” ujarnya.

Dengan menggunakan HT, menurutnya antara Siswa dan Guru dapat terjadi komunikasi dua arah sehingga dapat dilakukan tanya jawab.

“Selain itu harga HT juga jauh lebih murah antara sekitar 300 hingga 500 ribu dibandingkan HP android standar yang harganya paling murah 1 jutaan,” tukasnya.

Salah satu sesepuh RAPI Sukoharjo Mulyadi mengatakan  untuk uji coba PJJ ini pihaknya selain meminjamkan pesawat HT kepada SD Negeri 4 Joho,  juga menyediakan pesawat radio dan antena khusus dengan ketinggian 20 meter, dengan kualitas baik dan  frekwensi yang tepat, dan mampu mencapai  radius 25 km.

“Ndak masalah untuk sementara ini, saat uji coba, kami pinjamkan HT dari RAPI. Kami yakin, pake HT akan jauh lebih nyaman karena terjadi komunikasi suara dua arah,” cetus Mulyadi. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00