15 Pelajar Raih Juara Lomba Sketsa RRI Surakarta

Hasil pemenang juara lomba sketsa RRI
Salah satu peserta peraih juara lomba sketsa RRI Surakarta

KBRN, Surakarta: Sebanyak 15 karya sketsa pelajar tingkat Kelompok bermain, Taman kanak-kanak dan Sekolah dasar berhasil meraih juara dalam lomba Sketsa  tahun 2020 RRI Surakarta. 15 pelajar tersebut mendapat peringkat 1 hingga harapan 2 dari masing-masing kategori lomba.

Ketua Juri Lomba Sketsa RRI Surakarta Abdul Mursyid menjelaskan terdapat 4 kategori penilaian dalam lomba sketsa tahun 2020 RRI Surakarta diantaranya Originalitas, Kreativitas, Imajinasi, serta Finising sketsa.

"Ada 4 kriteria untuk penilain lomba, contoh untuk juara 1 dapat nilai tertinggi karena karya peserta original murni hasil dari tangan karya peserta dengan dilihat dari bentuk gambar, tingkat kreativitas dan imajinasi yang juga murni dari peserta tanpa meniru maupun melihat obyek gambar lain," jelasnya kepada RRI, Senin (7/9/20).

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Jaka Marwata menjelaskan ke 15 peserta tersebut telah berhasil memenangkan persaingan dari total 113 peserta lainnya. masing masing pemenang akan mendapat piagam, piala, serta uang pembinaan.

"Yang ikut serta itu ada 113 peserta, dari total 3 kategori, pemenang itu hadianya piagam, piala, sama uang, nominal 1,5 untuk juara pertama, 1 juta untuk juara ke 2, dan 750 untuk juara ke 3," jelasnya.

Jaka Marwata berharap, gelar juara yang diraih para pemenang dapat menjadi pemicu para peserta agar lebih kreativ di bidang seni sketsa hingga nantinya muncul seniman handal dimasa depan

"Kita harapkan, mereka yg juara ini dimasa depan kreativitasnya semakin baik, seiring berjalannya usia, kedepan bisa menjadi seniman lukis handal," ungkapnya.

Disisi lain, Salah satu orang tua peserta lomba Wirasih Kurniawanti mengaku tidak menyangka putranya berhasil meraih juara dalam lomba sketsa RRI Surakarta, Pasalnya, sebelum mengikuti lomba tidak memiliki persiapan khusus.

"Saya itu ndak menyangka putra saya bisa menang, tidak ada persiapan khusus kemarin, hanya saya beri kisi-kisi lomba, anak saya menggambar sendiri," jelasnya.

Namun Wirasuh berharap kedepan, prestasi ini dapat meningkatkan semangat anaknya dalam belajar seni menggambar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00