50 Mahasiswa UTP Bakal Terima Beasiswa Dari BI 1 Juta Selama 5 Bulan

KBRN, Surakarta: Lima puluh orang mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan-UTP Surakarta direncanakan mendapatkan bantuan beasiswa dari Bank Indonesia-BI sebesar satu juta rupiah per bulan selama 5 bulan.

Meski dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen dan Akutansi serta Fakultas Pertanian jurusan Agrobisnis dan Agroteknologi, namun kuota juga diberikan kepada mahasiswa lain Fakultas. Hanya saja, mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan seperti IPK minimal 3,25 dan mempunyai surat keterangan tidak mampu atau mempunyai Kartu BLT atau Jamkesmas.

Ari Kus Wardiyanto, salah satu mahasiswa dari Fakultas Pertanian jurusan Agroteknologi menyambut antusias program beasiswa BI ini. Mahasiswa potensial calon penerima beasiswa dengan IPK 3,50 asal Pacitan ini berharap mendapatkan beasiswa ini karena bisa bermanfaat untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Selain itu Ia berharap beasiswa ini dapat mengurangi beban ekonominya orang tuanya yang merupakan seorang petani.

” Dengan mengikuti beasiswa ini, tentu saya berharap, bisa meringankan beban orang tua saya, beaya kuliah saya, sehingga dapat mengurangi beban dan pikiran dari orang tua saya, karena orang tua saya hanya petani yang hasilnya tidak menentu, sehingga sangat terbantu,” ungkapnya kepada RRI, Selasa (1/9/20).  

Sementara itu, Rektor UTP Surakarta Prof.Dr.Ir.Tresna P.Soemardi SE.MS menilai, pemberian bea siswa BI yang cukup besar di tengah masa pandemi merupakan suatu terobosan yang sangat membantu mahasiswa untuk meningkatkan daya beli mahasiswa, entah untuk membeli quota, buku ataupun membayar beaya kos.

”BI ini memberikan suatu terobosan di dalam era covid 19 ini memberi beasiswa yang cukup besar yaitu 1 juta per bulan, selama 5 bulan jadi satu semester dianggap 5 bulan, saya pikir ini sangat membantu, dan ini sangat penting di era covid sehingga daya beli mahasiswa entah quota, bayar kos, beli buku dan sebagainya,” jelasnya.

Quota beasiswa kepada 50 mahasiswa UTP ini ditegaskan Rektor Tresna tidak lepas dari penilaian kredibilitas, termasuk didalamnya program penguatan kapasitas lulusan, prestasi akademik mahasiswa dan penyelenggaraan kuliah. (Desk: Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00