“ Dalan Slamet ” Edukasi Lalu Lintas bagi Siswa SD secara Virtual.

KBRN Surakarta : Modul pembelajaran interaktif  keselamatan lalulintas bagi anak SD, secara virtual atau tutorial YouTube, dengan mendownload deskripsinya, di Instagram maupun Facebook, merupakan salah satu Inovasi Program yang diluncurkan Dinas Perhubungan kota Surakarta. Kepala Bidang Lalu lintas Dinas Perhubungan kota Surakarta Ari Wibowo kepada RRI Sabtu (8/8/2020) mengatakan Program akan dikenalkan kepada masyarakat dengan nama Program , "DALAN SLAMET”, singkatan dari Dolanan Lalulintas lan Sinau Keselamatan Ketertiban.

Ari Wibowo mengatakan, materi “Dalan Slamet” ini nantinya akan disampaikan para Guru kepada siswa masing-masing dalam bentuk pembelajaran jarak jauh. Dan pembelajaran akan dievaluasi saat Guru melakukan home visit ke rumah siswa.

"Bentuk pembelajarannya berupa modul interaktif dengan materi keselamatan lalulintas yang mudah dan menarik bagi anak SD. Modul materi pembelajaran akan kita berikan atau kita share, baik secara virtual seperti tutorial lewat YouTube, dengan mendownload deskripsinya, di Instagram maupun Facebook. Kita belum launching inovasi tersebut, karena harus menunggu beberapa video tutorial yang belum selesai," ungkap Ari Wibowo.

Mengawali Program pihaknya pada Jumat (7/8/2020) telah melaksanakan Training of Trainer Pelatihan pertama kepada para Guru di SD Cemara Dua Solo, dalam pertemuan tatap muka. Pelatihan tatap muka kedua dengan Guru akan dilaksanakan Senin 10 Agustus 2020 di SD Kestalan Solo. TOT menggunakan alat peraga berupa miniatur jalan dengan kelengkapan lalu lintas seperti mobil dan kendaraan lain yang berlalu lalang di persimpangan jalan.    

Ari Wibowo memaparkan, proses pembelajaran berlalulintas ini untuk menanamkan kesadaran tentang pentingnya keselamatan bagi pengguna jalan, yang perlu ditanamkan sejak dini.

“Pembekalan dengan interaktif ini diharapkan bisa menjadi pembekalan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini, karena nanti ketika mereka dewasa akan tumbuh budaya tertib lalu lintas, sesuai slogan kita tertib berlalu lintas cermin budaya Wong Solo” pungkasnya. (Desk : Dyah Supana)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00