UMS Sambut Mahasiswa Baru Melalui Daring Masuk Rekor MURI

KBRN Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar penyambutan mahasiswa baru (Maru) secara daring (dalam jaringan) atau secara online.

Penyambutan Maru yang lebih dikenal dengan sebutan Masta PMB (Masa Taaruf Penerimaan Mahasiswa Baru) di tengah pandemi Covid 19 merupakan kali pertama dan terbanyak sekaligus memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Piagam penghargaan rekor MURI diterima langsung Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif dalam acara yang digelar di Adutorium Muhamad Jazman, Senin (13/07/2020)..

Senior Manager MURI Sri Widayati yang hadir dalam acara tersebut mengakui jika UMS merupakan perguruan tinggi pertama yang melakukan penyambutan mahasiswa baru secara daring dengan melibatkan 4.734 mahasiswa baru.

“ Ya, untuk tercatat dalam rekor MURI harus memenuhi empat kreteria, yakni paling (ter), pertama, unik dan langka. Kriteria tersebut bisa saling keterkaitan atau berdiri sendiri dan UMS adalah yang pertama dan terbanyak. Atas dasar tersebut MURI mencatat sebagai rekor yang ke 9.542,” ungkap Sri Widayati kepada pers.

Sementara itu Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif mengungkapkan, para mahasiswa sebenarnya ingin segera masuk ke kampus. Hanya saja sejauh ini masih terkendala bencana non alam mengingat masih dalam situasi wabah pendemi Covid 19.

“ Sesuai jadwal akademik, pembelajaran perkuliahan baru dimulai bulan September 2020. Namun karena masih pandemi COVID-19 maka dilakukan secara daring,” ujar Rektor.

Menurutnya, pada tahap pertama sekitar 50 persen daring, setelah 2-3 bulan baru masuk yang offline atau luring pada sekitar bulan November 2020.

“ Sesuai ketentuan, pembelajaran satu mata kuliah nomenklatur untuk sekian persen harus bertemu. Seperti mata kuliah yang membutuhkan pembelajaran di laboratorium, kedokteran, farmasi, ilmu kesehatan, fisioterapi,” pungkasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00