PPDB Ditengah Pandemi, Pemkot Siapkan Internet Gratis Untuk Mendaftar

Ketua Komisi 4 DPDR Surakarta meninjau persiapan PPDB online.

KBRN,Surakarta: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2020 Kota Solo, akan segera dimulai. Dinas Pendidikan menjadwalkan tanggal 13-15 Juni untuk kategori gakin (garis miskin). Sedangkan tanggal 26-30 Juni untuk reguler. 

Pemkot Surakarta akan memfasilitasi internet gratis di setiap sekolah dan Kantor Dinas Pendidikan guna melancarkan PPDB Online. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Surakarta, Kenthis Ratnawati mengatakan, sudah Komunikasi dengan Dinas Pendidikan terkait penyelenggaraan PPDB online. 

"PPDB ini berlangsung dalam kondisi Pandemi maka internet akan difasilitasi Pemkot," ujar Kenthis Jumat (29/5/2020).

Kenthis mengatakan, mengingat kondisi sekarang ada penurunan kekuatan masyarakat dalam penyediaan kuota internet maka fasilitas itu diharapkan dapat memudahkan PPDB. Fasilitas internet tersebut diberikan selama 24 jam nonstop.

"Karena kondisi seperti ini yang tidak punya kuota akan kami fasilitasi, jadi dia bisa langsung daftar di situ. Dari pada nanti ada mengakses internet tidak punya kuota kita tadi diskusi dengan Disdik," bebernya. 

Kenthis Ratnawati juga menyampaikan, Kominfo sudah menyiapkan dua server gakin dan reguler. Termasuk sistem keamanan apabila ada hacker tidak menutup kemungkinan  sudah dilakukan antisipasi. "Termasuk fasilitas internet dan listrik manakala down sewaktu waktu, sudah ada genset yang langsung hidup," tandasnya. 

Sementara itu Ketua Komisi 4 DPDR Surakarta Putut Gunawan telah melihat kesiapan PPDB online di Kantor Kominfo. Menurutnya Sistem sudah disiapkan sebaik mungkin karena ada server yang dipakai ada petugas jaga 24 jam. 

"Persiapan sudah maksimal. Data base sudah dilakukan dengan baik harus berdasarkan pada data Dispendukcapil dan Dinas Sosial," tandasnya.

Politisi PDIP itu mengatakan, PPDB tahun ini ada perubahan pengukuran jarak lokasi berdasarkan alamat ke sekolah. Sekarang diukur langsung, tidak mengacu jarak tempuh rute berdasarkan google. 

Kemudian soal penegasan KK titipan harus ada hubungan saudara dekat untuk mengantisipasi akal-akalan pindah KK demi sekolah favorit. Petugas juga wajib melakukan pengecekan ke rumah bagi KK pindahan. 

"Jadi kalau pindah KK harus ada hubungannya dengan paman atau saudara dekat. Jangan akal-akalan," tegas Putut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00