Kali Pertama Dalam Sejarah UNS Solo Selenggarakan KKN Daring, Diikuti 980 Mahasiswa

Pelepasan KKN Mahasiswa UNS Solo secara daring.jpg

KBRN,Surakarta: Pertama dalam sejarah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui daring. KKN ini diikuti 980 Mahasiswa.

KKN online dilepas oleh Rektor UNS Prof. Dr.Jamal Wiwoho. Ratusan Mahasiswa yang kini berada di rumah masing-masing langsung terjun ke lapangan dimulai 1 Mei 2020.

Rektor Jamal Wiwoho dalam pengarahan pelepasan KKN Covid dari UNS mengharapkan, mahasiswa dalam menjalankan KKN Covid-19 tidak mengurangi makna dari pengabdian ke masyarakat.

“Saudara harus tampil sebagai pahlawan-pahlawan Covid-19, kalian harus tampil sebagai anak muda yang memiliki karya nyata bagi Masyarakat,” harapan Prof. Jamal ketika memberikan pengarahan secara daring, Sabtu (2/5/2020).

Prof. Jamal juga mengimbau agar dalam melaksanakan KKN sesuai protokol kesehatan. Kemudian ikut membantu menyelesaikan berbagai permasalahan pandemi Covid-19 ini.

"KKN ini semestinya bulan Juli-Agustus 2020. Tetapi karena adanya pandemi Covid-19 kemudian diajukan April - Mei 2020,  apalagi para mahasiswa sudah kembali ke kediaman masing-masing," paparnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana KKN LPPM UNS Prof.Sudibya menjelaskan, pandemi Covid-19 belum diketahui sampai kapan berakhir. Untuk itu, supaya tidak menghambat studi mahasiswa, UNS memutuskan untuk tetap melaksanakan KKN pada periode ini dalam bentuk KKN Covid-19.

“Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kali ini adalah mahasiswa melaksanakan programnya ditempat tinggal masing-masing secara mandiri. Dibimbing dosen pembimbing lapangan secara daring dengan tema edukasi yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” jelas Prof. Sudibya.

980 mahasiswa dari 11 Fakultas ini didampingi 49 dosen pembimbing lapangan dengan sistem daring. Adapun daerah sebaran pelaksanaan KKN Covid-19 di 23 Provinsi di Indonesia. Yakni 942 mahasiswa di 8 provinsi di pulau Jawa serta 38 mahasiswa di 15 Provinsi luar Jawa. Sementara setiap mahasiswa KKN mendapat pendanaan sebesar RP.1.000.000,-.  Rosy

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00