Kadisdik Solo : Belajar di RRI Hilangkan Kejenuhan Anak

KBRN, Surakarta: Siswa yang belajar dengan sistem daring atau online terkadang mengalami kendala akses internet. Untuk mengantisipasi akses dalam pembelajaran jarak jauh, baik karena terbatasnya fasilitas infrastruktur maupun kondisi sosial ekonomi orangtua siswa, maka Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI menawarkan alternatif pembelajaran melalui radio.

Program Belajar di Radio bagi siswa sekolah dasar (SD) hingga menengah atas (SMA). RRI bekerja sama dengan sekolah dan para guru di daerah dalam sistem pembelajaran ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Ety Retnowati menyambut baik program belajar di RRI tersebut. Ety Retnowati mengatakan, siaran interaktif belajar melalui RRI tidak saja berinteraksi antara guru dengan murid tetapi juga partisipasi orang tua ikut mendengarkan.

“Ini bisa didengarkan murid dari sekolah lain, supaya  muridpun menghapus rasa jenuh di rumah, karena murid sudah rindu ingin masuk sekolah,” ungkap perempuan yang akrab disa Etty, Jumat (10/4/2020).     

Sementara Pengajar SMA Negeri 4 Surakarta Pengampu mata pelajaran bahasa jawa Yusdianto mengapresiasi bagus, walaupun hanya melalui audio atau suara.

RRI menciptakan suasana baru kendati tidak semua mata pelajaran bisa melalui audio tetapi harus dengan visual. Minimal program itu memberikan semangat kepada guru dan murid.

Program Belajar di Radio disiarkan di 105 stasiun RRI di daerah, melalui RRI Pro-2. Para guru bergantian mengajar melalui radio, materinya sesuai dengan segmen di daerah.

Belajar di RRI, selain bisa didengarkan melalui RRI Pro-2 105.5 MHz atau 101 MHz  juga bisa dilihat melalui kanal Youtube atau ke RRI Net. Siaran interaktif ini dilakukan secara serentak jam 10.00-11.00 WIB.

Siswa bisa mengajukan pertanyaan secara langsung ke guru yang sedang memberikan pembelajaran di radio melalui Whatsapp atau telepon. (Rosy)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00