Hand Sanitizer Langka Gak Perlu Galau, Bikin Sendiri Antiseptik Ala SMP Muhammadiyah PK Solo

KBRN, Surakarta: Di tengah wabah corona virus, harga hand sanitizer dan antiseptik melambung bahkan sulit didapatkan. Murid dan guru SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat Solo ini bereksperimen membuat hand sanitizer herbal dengan daun sirih dan kemangi. 

Nama produknya 'Sikura Kemayu' diambil dari nama bahan bahan alami. 

Bagaimana cara buatnya, sangat mudah dan murah. Berikut cara membuatnya.

Pertama siapkan bahan bahan herbal yang aman terhadap kulit dan lingkungan. Daun sirih 10 lembar, kulit rambutan atau manggis segenggam. Kemudian daun kemangi segenggam, lidah buaya dan ekstrak jeruk purut.

Menurut Nurul Fitriah Guru Fisika dan Pembimbing Ekskul Karya Ilmiah Remaja, membuat hand sanitizer itu sangat mudah dan murah. Caranya daun sirih 10 lembar direbus dengan air suling 500 ml.

"Pakai air biasa juga bisa, rebus sampai mendidih lalu dinginkan," ungkapnya saat ditemui di SMP Muhammadiyah PK Kota Barat di Sumber Solo, Selasa (17/3/2020). 

Ambil segenggam kulit rambutan yang sudah dicuci lalu rebus dengan air 500 ml. Setelah mendidih saring air rebusan tadi lalu dinginkan. 

Setelah semua cairan dingin, masukkan ke botol sprayer dengan komposisi masing-masing 50 persen. Lalu tambahkan minyak zaitun. "Minyak zaitun ini sebagai pelembut," ujar Nurul sembari mencoba semprotkan air sanitizer itu ke telapak tangan. 

Ternyata baunya juga seger dan ini dipercaya dapat menghalau kuman atau bakteri. Sesuai kadar yang terkandung pada daun sirih yang memiliki anti septik, sedangkan kulit rambutan yang mengandung anti oksidan. "Ini mampu bertahan satu sampai dua minggu. Kalau mau lebih awet tambahkan sedikit alkohol 70-90 persen," tambah Nurul.

Nurul juga menyampaikan, untuk hand sanitizer ke dua, berbahan dasar daun kemangi dan sari lidah buaya. Caranya juga mudah. 

Blender segenggam daun kemangi dengan dicampur air, setelah lembut lalu saring dengan kain bersih. Begitu pula lidah buaya diblender dengan air sampai lembut. "Kental dan encernya gel ini tergantung pemberian air saat di blender," kata Nurul.

Setelah semuanya jadi sari,  dicampurkan dalam botol sprayer ditambah minyak zaitun. Selain itu dapat ditambahkan ekstrak kulit jeruk purut. "Jeruk purut akan menambah ada rasa ekstraknya gitu," sembari menyemprot sprayer ke tangan. Ternyata hasilnya tak kalah dengan yang berbahan daun sirih.

Kedua anti septik itu sudah dapat digunakan untuk membersihkan bakteri dengan harga murah dan mudah membuatnya. Ini hand sanitizer herbal. "Insyaallah aman dan bisa bersihkan kuman," ujarnya. Bahannya murah di sekitar rumah ada semua. Paling hanya minyak zaitun yang harus beli. 

Masih mau berburu hand sanitizer yang langka dan harganya melambung? Coba saja eksperimen ini sekaligus mengisi waktu belajar di rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00