9 Sekolah di Sragen Terima Penghargaan Adiwiyata, Tahun Depan Go Internasional

KBRN, Sragen: Sembilan sekolah di Kabupaten Sragen akhir tahun ini menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata baik Nasional maupun Mandiri. Mereka tahun depan didorong mengikuti adiwiyarta tingkat ASEAN.

Adapun ke sembilan sekolah tersebut yakni SDN Girimargi 1 Miri, SMAN 1 Sragen dan 7 SMP Negeri. Meliputi SMPN 4 dan 1 Sragen, SMPN 1 Masaran SMPN 2 Gemolong, SMPN 1 Miri, SMPN Sambirejo dan SMPN 1 Sidoharjo. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen Suwardi mengatakan tahun ini Sragen terbanyak memperoleh predikat sekolah Adiwiyata. Empat sekolah mendapatkan Adiwiyata mandiri dan lima adiwiyata nasional. Pemkab Sragen menurut Suwardi terus berupaya meningkatkan peran sekolah dan pemberdayaan sekolah sehingga menunjang proses pembelajaran. “Dengan gelar adiwiyata image sekolah akan lebih baik sementara kualitas pembelajaran juga akan meningkat,” katanya Selasa (17/12/2019). 

Lanjut Suwardi tahun depan sekolah Adiwiyata yang memenuhi syarat itu akan didorong menuju ASEAN dalam ajang Eco Green ASEAN. Disamping itu juga mendorong sekolah-sekolah lain yang belum mendapatkan Adiwiyata dapat merintis dan memenuhi adiwiyata secara bertahap. Pemkab Sragen akan melakukan pendampingan sampai sekolah tersebut menjadi sekolah ramah lingkungan.

"Selain itu kita menyiapkan sekolah lain. Kami berharap sekolah di Sragen ini memenuhi standar adiwiyata secara bertahap. Pendampingan ada sistem bila maju tingkat mandiri ada binaan tahun ini dua. Tahun lalu 10 otomatis akan terbina semua," ujarnya.  

Kepala SMPN 4 Sragen Nining Kristanti mengatakan, sejak awal 2017 SMPN 4 telah merintis untuk menjadi sekolah ramah lingkungan. Semua warga sekolah, mulai dari komite guru, siswa, orang tua harus ramah lingkungan sehingga terbiasa dengan sukarela untuk tidak menjadikan SMP pusat sampah. Tetapi menjadikan sekolah bersih nyaman untuk belajar.

“Pada tahun 2017 mendapat adiwiyata Kabupaten dan saat ini menjadi Adiwiyata Nasional.”

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00