Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif MSi Bakal Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

KBRN Surakarta :  Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Profesor Dr Sofyan Anif MSi bakal dikukuhkan sebagai Guru Besar di Adutorium Muhamad Jazman kampus setempat, Kamis (08/08/2019).

Pengukuhan akan dilakukan oleh Dirjen Sumberdaya Ipteks dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) Profesor Dr Ali Gufron.

Profesor Sofyan Anif merupakan Guru Besar ke 19 yang dihasilkan UMS, serta Guru Besar ketiga untuk bidang manajemen pendidikan di UMS.  

Dalam jumpa persnya di gedung Muhamad Jazman kampus UMS Rabu (07/08/2019) Prof. Dr. Sofyan Anif mengaku sudah menyiapkan judul pengukuhanya yakni “Pengembangan Sumberdaya Pendidik Berbasis Continuous Professional Development (CPD) pada Era Disrupsion.

“ Salah satu pertimbangan memilih judul tersebut karena pendidikan masih menjadi persoalan yang aktual. Saat itu, kompetensi guru dinilai masih masuk kategori belum optimal. Sementara, peradaban dunia makin berkembang pesat terkait ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Sehingga menghadirkan fenomena era industri 4.0. Sedangkan di negara lain yang lebih maju kini telah memasuki era 5.0.” ungkapnya.

Sofyan Anif menyebut baik buruk kondisi bangsa, salah satunya tergantung pada guru. Dan sebagai konsekuensi pemerintah harus berani menyediakan anggaran yang cukup.

Lebih lanjut Prof. Dr. Sofyan Anif juga mengakui, di Era disrupsion, guru harus mampu menghasilkan siswa yang memiliki daya saing tinggi, memiliki daya kreativitas dan inovatif yang tinggi.

“ Ya, pola pembelajaran harus dirubah total. Guru kini bukan satu satunya sumber pembelajaran. Namun siswa pun menjadi sumber belajar dengan membuka internet dan apa yang ditemukan bisa menjadi bahan belajar ,” cetusnya.

Acara pengukuhan Prof. Dr. Sofyan Anif sebagai guru besar UMS  juga akan dihadiri sejumlah tokoh dua diantaranya adalah Profesor Malik Fadjar, (Anggota Wantimpres RI), Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nasir.

Tamu lainnya yang akan datang adalah mantan Rektor UMS, alumni UMS yang sudah menjadi Guru Besar, Ketua Forum Rektor Indonesia, dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Profesor Jamal Wiwoho. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00