Mahasiswa UTeM Malaysia Belajar Membatik di Solo

KBRN, Surakarta : Sejumlah 23 mahasiswa Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), belajar membatik di Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, Senin (29/7/2019). Dalam belajar mendesain dan membatik dengan canting ini juga diikuti 10 mahasiswa Stikes Kendal Jawa Tengah.

Kunjungan 23 mahasiswa UTeM ke Solo selama 4 hari dimanfaatkan dengan kegiatan lomba mendesain batik. Mereka juga membatik dengan canting, printing, cap dan batik tulis.

"Kegiatan ini pertukaran mahasiswa kedua, untuk mengenalkan budaya antara Indonesia dengan Malaysia khususnya budaya Solo dengan Malaka," jelas Wakil Rektor UNIBA Surakarta Doktor Supawi Pawenang, dalam keterangan pers seusai pembukaan Cultural Exchance Program 2019 di Aula Kampus, Senin (29/7/2019).

Sementara 10 mahasiswa Stikes Kendal hanya berkunjung selama sehari. Mereka juga turut belajar membatik.

"Mahasiswa UTem dan Stikes Kendal juga diajak ke sekolah milik Yayasan Pendidikan Batik. Selain ke SMA Batik 1 dan 2 kemudian SMK Batik 1 dan 2," tambah Supawi.

Pihak UNIBA juga memperkenalkan kehidupan masyarakat pekampungan batik serta tradisi jamu mulai dari proses peroduksi sampai jadi untuk diminum. Disamping mengajak mereka melihat transaksi ekonomi perbangkan syariah, mereka juga akan diberi sertifikat.

Pertukaran mahasiswa tersebut sebagai upaya Universitas Islam Batik Surakarta Go Internasional. Apalagi UNIBA juga mensponsori kegiatan di Malaysia karya Direktur Yayasan Pendidikan Batik Ir. H. Solichul Hadi Seperti Seragam batik dan souvenir batik. 

Di kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Batik Surakarta Solichul Hadi menyampaikan, para mahasiswa dibekali sejarah batik dan cara membuatnya. Kemudian mengenalkan batik lama, batik era saat ini dan masa depan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00