Kelompok KKNT UNISRI Lakukan Sosialisasi Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Kelompok KKNT UNISRI Lakukan Sosialisasi Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini.

KBRN, Boyolali: Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Tematik – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT – MBKM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2022. Kelompok KKNT MBKM 62 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Esti Aryani. SH, MH, melaksanakan program kerja KKN salah satunya di MIM Randualas, Desa Pulutan, Kecamatan Nogosari, Boyolali. Dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya kebiasaan menabung sejak dini kepada siswa-siswi MIM Randualas.

Selain itu, guna memotivasi siswa-siswi sekolah dasar untuk rajin menabung, kelompok KKN 62 memberikan hadiah berupa celengan, buku, bolpoin, pensil serta penghapus  kepada seluruh peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut. Pemberian celengan ini guna meningkatkan minat siswa-siswi untuk gemar menabung sejak dini serta dapat memberikan kenangan indah bersama kelompok KKN 62.

Sosialisasi gerakan menabung sejak dini ini diikuti oleh seluruh siswa – siswi dari kelas 1 hingga kelas 6 MIM Randualas. Kegiatan sosialisasi ini diinisiasi oleh Febiana Fransiska. Salah satu mahasiswi dari program studi Manajemen angkatan 2019.

Menurut Febi, ide awal adanya ‘gerakan gemar menabung sejak dini’ ini terinspirasi dari kebiasaannya menabung sejak duduk dibangku sekolah hingga menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Berbekal dari pengalaman inilah, kemudian Febi mencoba mengimplementasikan kepada siswa-siswi MIM Randualas agar memiliki kebiasaan baik sejak dini terutama dalam hal menabung.

Dalam pelaksanaannya, Febi dibantu oleh teman-teman KKN Kelompok 62. Bentuk kerja sama ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi sekolah dasar untuk dapat bekerja sama ketika melaksanakan kegiatan akademik maupun non-akademik. Bentuk sosialisasi ini siswa-siswi menulis keinginan dan impian untuk masa depan dalam selembar kertas. Kemudian dari sepucuk kertas impian tersebut, para siswa-siswi maju ke depan kelas untuk dapat menceritakan impiannya.

Hal ini dapat menjadi motivasi para siswa untuk lebih semangat untuk menabung. Karena mimpi-mimpi yang mereka tuliskan pada sepucuk kertas itu, membutuhkan perjuangan yang besar dan biaya yang tidak sedikit. Dengan demikian, para siswa-siswi sekolah dasar dapat mempersiapkan masa depannya yang lebih baik diawali dengan ‘Gerakan Gemar Menabung Sejak Dini’. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar