Berupaya Meningkatkan Perkembangan dan Kreativitas Anak Melalui Media Seni Melipat Kertas Origami di SD Negeri 02 Guli

Berupaya Meningkatkan Perkembangan dan Kreativitas Anak Melalui Media Seni Melipat Kertas Origami di SD Negeri 02 Guli.

KBRN Boyolali: KKNT MBKM UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA Tahun 2022 mengusung tema "UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi". Kelompok 55 dari KKNT UNISRI dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dra. Damayanti Suhita, M.Si. Pada hari Kamis, (4/8/2022) menyelenggarakan kegiatan melipat kertas origami dengan melibatkan anak SD Negeri 02 Guli. Risa Olyvia Putri sebagai pelaksana kegiatan berharap dari kegiatan tersebut dapat mengembangkan aspek pertumbuhan dan perkembangan serta kreativitas anak. Kegiatan ini dilakukan dengan menargetkan anak kelas 1.

"Pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu lembaga pendidikan formal untuk anak baru memasuki ke jenjang pendidikan. Lembaga ini dianggap penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan serta kreativitas anak," jelasnya.

Perkembangan merupakan suatu perubahan yang tidak bersifat kuantitatif, melainkan kualitatif. Perkembangan tidak ditekankan pada segi material, melainkan pada fungsional, khususnya anak Sekolah Dasar kelas 1 karena pada masa ini merupakan masa yang paling optimal untuk berkembang dan meningkatkan kreativitas anak. Yang dimana anak tersebut mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan melakukan apapun untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Selain itu secara naluriah mereka aktif bergerak, mereka akan menuju kemana saja dengan minat dan kemauannya.

Dunia anak adalah dunia bermain dalam kehidupan anak-anak, sebagian besar waktunya dihabiskan dengan aktivitas bermain. Bermain dapat digunakan sebagai  media untuk meningkatkan perkembangan dan kreativitas pada anak. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media kertas origami, karena media ini memiliki banyak warna yang dapat menarik perhatian anak-anak karena mereka suka dengan warna yang cerah. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar