HUT Kemerdekaan RI, Sekolah di Solo Gelar Lomba Tarik Tambang

KBRN Surakarta: SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar perlombaan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022.

 “Salah satunya adalah tarik tambang,” ujar Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Aryanto kepada media, Selasa (16/8/2022).

Aryanto mengatakan lomba tarik tambang digelar oleh pengurus IPM sekolah. “Tarik tambang diikuti siswa dengan menerapkan protokol kesehatan seperti masker,” kata Aryanto.

Menurut Aryanto, kegiatan lomba tarik tambang memacu siswa untuk bekerja sama, menyusun strategi, dan berjiwa kompetisi. Hal ini senada dengan tujuan kegiatan adalah memupuk rasa cinta tanah air dan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Peringatan 17 Agustus tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk perlombaan, tetapi juga akan digelar dalam bentuk konser merah putih pada Kamis, 18 Agustus 2022 mendatang,” jelas Aryanto.

Selain tarik tambang, terdapat lomba lain seperti estafet balon, memasukkan bolpoin ke dalam botol, menerbangkan pesawat kertas, memindahkan kacang menggunakan sumpit, membawa kelereng dengan sendok, melempar kelereng ke dalam gelas, jalan jongkok menggunakan dua pasang sandal, membidik kelereng, dan memindahkan karet menggunakan sedotan.

Menurut Aryanto, perlombaan ini diikuti 332 siswa kelas 7, 8, dan 9. Lomba diikuti perwakilan siswa setiap kelas dan yang lain sebagai supporter.

Sementara itu, Muhdiyatmoko, M.Pd. selaku Kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta menyampaikan harapan agar semangat belajar dan berprestasi terus tumbuh melalui kegiatan ini. 

“Adanya kegiatan ini untuk menyambut kemerdekaan, sekaligus untuk menumbuhkan semangat belajar, dan berprestasi yang perlu dipulihkan setelah pandemi, layaknya tema HUT RI ke-77 pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” ungkapnya saat sambutan pembukaan kegiatan. 

 Selain itu, Aiko Miyuki Pranadya selaku ketua IPM, menaruh harapan agar setelah kegiatan perlombaan ini para siswa semakin kompak dan kuat jalinan tali silaturahimnya. Selain itu, semua bisa having fun.

 Kesan seru diungkap oleh Naura Kayana Hanania, siswa kelas 7, saat mengikuti rangkaian kegiatan ini karena bisa tambah kenal teman dan bekerja sama. “Seru karena bisa teriak-teriak dukung teman yang berlomba. Meskipun sebelumnya pernah, lomba ini yang paling seru,” tandasnya. Aryanto/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar