Mahasiswa KKNT MBKM Unisri Gerakkan Paham Jurnalistik di SMP N 1 Mojogedang

Mahasiswa KKNT MBKM Unisri Gerakkan Paham Jurnalistik di SMP N 1 Mojogedang.

KBRN, Surakarta: Mahasiswa KKNT MBKM Unisri sukses menggelar kegiatan Sosialisasi Public Speakig dan Jurnalisme bertajuk “Communication in Action” pada Jum’at (12/8/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMP N 1 Mojogedang, Karanganyar ini diikuti oleh sekurangnya 100 siswa dari seluruh kelas IX.

Pada kegiatan ini, salah satu anggota kelompok 18, Nova Wisnu Murti memilih untuk memberikan edukasi mengenai dasar jurnalistik dan jenis-jenis berita. Selain dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai jurnalistik, kegiatan ini juga menjadi salah satu langkah baru untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya menghindari berita hoax. Sebagai salah satu bagian dari generasi penerus bangsa, siswa SMP N 1 Mojogedang diharapkan dapat menyadarkan masyarakat ihwal pentingnya menganalisa kebenaran fakta berita di media massa sebelum disebarluaskan.

Pada sesi materi jurnalisme ini, diberikan berbagai macam kuis terhadap para siswa  kelas IX mulai dari jenis berita, dasar peliputan, hingga fotografi jurnalistik. Materi mengenai fotografi jurnalistik ini dirasa perlu untuk ditambahkan, sebab foto menjadi salah satu bagian penting dari sebuah berita. Maka dari itu, para siswa diminta untuk menganalisis apa perbedaan antara fotografi jurnalistik dan fotografi estetika.

Tak hanya itu, pada akhir sesi Nova mengajak seluruh siswa yang tergabung dalam kegiatan ini untuk berlatih mencoba menulis artikel press release mengenai kegiatan Communication in Action ini beserta fotografi jurnalistik. Hal ini dilakukan mengingat hampir seluruh siswa kelas IX di SMP N 1 Mojogedang telah menggunakan gawai dan memanfaatkan media sosial Instagram. Sekurangnya tujuh siswa mengikuti kegiatan ini, dan tiga diantaranya dipilih sebagai juara utama dengan foto dan artikel yang baik, serta satu diantaranya dipilih sebagai juara harapan dengan fotografi jurnalistik yag baik. Penilaian dilakukan oleh juri yang terdiri dari seluruh anggota KKNT MBKM kelompok 18.

Kegiatan sosialisasi serta pelatihan jurnalistik berjalan dengan lancer, meskipun terkendala peserta yang hadir tidak memenuhi kuota yang seharusnya. Dimana total seluruh kelas IX di SMP N 1 Mojogedang terdiri dari 222 murid. Dengan adanya kegiatan ini, Nova berharap seluruh siswa siswi SMP N 1 Mojogedang dapat paham mengenai jurnalistik dan fotografi jurnalistik. Selain itu, ia turut mengungkapkan adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu langkah kecil untuk meningkatkan kesadaran paham berita hoax, sehingga dapat mengurangi persebaran berita hoax di masyarakat. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar