Gelar penyuluhan Pembuatan Pot Bunga dari Handuk Bekas dan Semen, KKN UNISRI Membuat Peluang UMKM Baru

Gelar penyuluhan Pembuatan Pot Bunga dari Handuk Bekas dan Semen, KKN UNISRI Membuat Peluang UMKM Baru.

KBRN, Boyolali: Dalam rangka pengenalan serta peningkatan UMKM di Desa Rembun, Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Kelompok 63 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Purbayakti Kusuma W M.Si., melaksanakan KKN di Desa Rembun, Kecamatan Nogosari, Boyolali.

Salah satu kegiatan adalah menyelenggarakan Penyuluhan Pembuatan pot bunga dari handuk bekas dan semen , untuk membuat peluang UMKM baru, Desa Rembun.

“Penyuluhan Pembuatan pot bunga dari handuk bekas dan semen , untuk membuat peluang UMKM baru,  pesertanya 20 orang yang diikuti oleh bapak-bapak RT 02 Tunas Harapan desa rembun” ungkap pelaksana kegiatan Aldiansyah Rajabia, Sabtu malam (13/08/2022).

Dalam kegiatan tersebut Aldiansyah Rajabia menjelaskan tentang peluang UMKM baru yang berupa pot dari handuk bekas dan semen dalam pembuatan pot ini memanfaatkan barang bekas yaitu handuk bekas. Karena kebiasaan orang kalo handuk yang sudah tidak terpakai biasanya di buang kalo tidak di buat keset kaki. Agar handuk bekas dapat lebih bermanfaat dan menjadi peluang UMKM.

Cara pembuatannya yaitu Handuk bekas di rendam air terlebih dahulu sampai basah kalo sudah basah baru diangkat habis itu di masukkan dalam adonan semen yang sudah di siapkan sampai handuk tercampur rata dengan adonan semen baru di angkat dan di taruh dalam cetakan berupa ember bekas yang sudah dilumuri minyak goreng bekas. Agar saat sudah kering bisa di lepas dengan mudah. Sesudah di taruh di cetakan baru bisa di bentuk sesuai dengan keinginan. Kalo sudah selesai di bentuk tinggal di jemur di bawah sinar matahari sampai kering dan mengeras dan siap untuk dipasarkan.

"Saat kegiatan berlangsung bapak-bapak  RT 02 desa rembun terlihat sangat antusias saat penyampaian materi hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya jawab,” ungkapnya.

Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan nantinya pengetahuan penyuluhan pembuatan pot bunga dari handuk bekas dan semen  dapat meningkatkan UMKM dan perekonomian di desa rembun. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar