Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad.

KBRN, Surakarta: Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kunjungan kerja ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada Senin-Rabu (8-10/8/2022). Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti UNS merupakan panitia kerja yang pertama kali dibentuk oleh Dewan Profesor (DP) UNS. Hingga kini, panitia kerja tersebut telah melaksanakan 4 kali penghargaan purnabakti. Panitia kerja tersebut diketuai oleh Supriyadi dengan dua orang anggota yaitu Suciati dan Endang Yuniastuti. 

“Tujuan dari kunjungan kerja ini adalah sharing pengalaman dari UPI dan Unpad mengenai pelaksanaan dan format acara penghargaan purnabakti Profesor di masing-masing universitas,” ujar Supriyadi, Jumat (12/8/2022).

Lebih lanjut, Supriyadi juga menyampaikan bahwa kunjungan kerja ke UPI dan Unpad yang didampingi oleh Sekretaris DP UNS, Cucuk Nur Rosyidi telah memberikan banyak inspirasi dan ide untuk perbaikan pelaksanaan, terutama dalam hal format acara secara keseluruhan. 

Setibanya di UPI delegasi DP UNS diterima langsung oleh Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UPI, Karim Suryadi, Sekretaris DGB UPI, Aan Komariah dan Cecep Darmawan, serta 2 orang Profesor purnabakti yang pernah menjalani kegiatan Pidato Kehormatan di UPI, yaitu Djam’an Satori dan Nuryani Rustaman. 

Djam’an Satori dan Nuryani Rustaman menyampaikan pengalaman pada saat memberikan orasi dan perasaan bahagianya terhadap penghargaan yang diberikan UPI. Penghargaan purnabakti di UPI tersebut dilaksanakan oleh satuan kerja khusus dan dilaksanakan setiap 19 Oktober atau 1 hari sebelum Dies Natalis UPI.

Sedangkan dalam kunjungan ke Unpad, Panitia Kerja Purnabakti UNS diterima langsung oleh Ketua DP Unpad, Arief Anshori Yusuf, Sekretaris  DP Unpad Arlette Setiawan dan Susi Dwi Harijanti, beserta 2 orang anggota DP Unpad lainnya. Kegiatan penghargaan purnabakti Profesor di Unpad sendiri dinamai dengan Pesan Kehormatan Profesor Purnabakti. Tahun ini akan dilaksanakan Desember sebagai bagian dari Kegiatan Lustrum Unpad yang ke-13. 

Sebelum diresmikan oleh DP Unpad, Pesan Kehormatan Profesor Purnabakti dilaksanakan di fakultas masing-masing. Susi Dwi Harijanti membagikan pengalamannya menangani kegiatan-kegiatan yang berkait dengan peringatan 70 tahun Sri Soemantri, Muhtar Kusumaatmaja, dan Bagir Manan. 

“Kegiatan-kegiatan tersebut ditandai dengan seminar, peluncuran buku tematik sesuai bidang keahlian profesor yang bersangkutan, dan peluncuran biografi. Kegiatan tersebut di Fakultas Hukum Unpad melibatkan para murid Profesor yang bersangkutan,” pungkas Susi. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar