Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Selenggarakan Workshop Persiapan Pemilihan Judul dan Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa PBI

KBRN Sukoharjo : Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakuktas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Workshop Persiapan Pemilihan Judul dan Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa PBI, Jumat (01/7/2022).

Acara  menghadirkan pembicara Dr. Imroatus Solihah, M.Pd (Ketua II Asosiasi Prodi PBI) dan Septi Riana Dewi, S.Pd, M.Pd (Universitas Teknologi Yogyakarta) dengan moderator Sihindun Arumi, M.Hum (Univet Bantara) secara daring melalui zoom meeting,

Ketua pelaksana workshop, Nurnaningsih, S.Pd, M.A saat ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan tujuan workshop untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang penulisan skripsi bagi mahasiswa semester enam yang akan melakukan penulisan skripsi agar tidak ada hambatan saat proses penulisan skripsi.

"Berdasarkan pengamatan saya sebagai petugas scaning judul skripsi di PBI ada kecenderungan mahasiswa mulai malas berinteraksi dengan orang luar. Mereka ingin lebih mudah bagaimana caranya skripsi jalan tetapi tidak pergi kemana-mana. Tidak perlu melakukan izin penelitian dan sebagainya," ungkapnya.

Nurnaningsih menambahkan adanya kegiatan ini memberi pemahaman kepada mahasiswa di Prodi Bahasa Inggris ada rumpun ilmu bahasa, sastra, dan pendidikan yang ketiganya atau keduanya bisa digabung.

"Sastra bisa dimasukkan di dunia pendidikan. Contohnya bagaimana cara mengajar siswa supaya bisa apa dan menggunakan novel, film. Linguistik semisal mahasiswa bisa menganalisa pengajaran bagaimana guru di dalam kelas. Ternyata penelitian itu bisa lintas rumpun bahkan bisa menggandeng rumpun yang lain atau ilmu yang lain untuk bisa dilakukan penelitian," terangnya.

Lebih lanjut diharapkan  dengan  workshop ini para  mahasiswa mengetahui cara menulis skripsi yang baik dan benar, hal  yang boleh dan tidak boleh dilakukan, penggunaan aplikasi yang membantu mahasiswa membuat skripsi lebih mudah.

"Skripsi itu tidak selamanya susah. Karena ada beberapa hal sekarang dunia teknologi sudah era 5.0. Semua sudah disediakan oleh teknologi sepanjang kita mau menggunakannya. Saya yakin teknologi bisa membantu kita dibidang apapun tidak terkecuali skripsi," harapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan 1 FKIP Para Mitta Purbosari, M.Pd dalam sambutan pembukaan workshop menyampaikan apresiasi kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris atas diselenggarakan workshop ini. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan beberapa hal ide dari workshop ini dan mudah diterapkan beberapa ide permasalahan-permasalahan yang ditemukan ke dalam penelitian.

 "Apapun itu ilmu yang ada di bahasa Inggris entah linguistik, entah sastra karena kita berdiri di dalam fakultas Keguruan kami mohon skripsi mahasiswa bidang apapun itu ada kaitannya dengan bidang pendidikan jadi tetap kita mengedepankan bidang pendidikan," tuturnya.

Pihaknya berharap ilmu yang diberikan pembicara agar mahasiswa lebih mudah menemukan ide, mudah menemukan hal-hal yang harus dituliskan di dalam penyusunan skripsi pada semester 6 ataupun semester 8.

"Kami berharap di bulan Juli-Agustus itu sudah banyak yang bisa mendaftar sidang skripsi. Harapan kalau sudah semester 6 sudah diberi bekal atau semester 8 sudah mulai mencari masalah berarti dosen PBI betul-betul sudah menyiapkan mahasiswa semuanya agar bisa lulus tepat waktu," ujarnya.

Ketua Prodi PBI, Arin Arianti, M.Pd menuturkan kegiatan ini dipersiapkan untuk mahasiswa ketika pada saat memulai menyusun skripsi yang merupakan final project dari perkuliahan PBI mahasiswa mempunyai bekal yang sudah siap sejak dini dimulai semester 7.

"Dengan kegiatan ini mahasiswa mempunyai gambaran dari awal cara memilih judul skripsi, kemudian cara menulis skripsi dengan baik, benar, tepat serta cepat," tuturnya.

Dalam pemaparan materi, pembicara Dr. Imroatus Solihah, M.Pd menjelaskan tentang Mapping and Tracking of Thesis for Undergraduate Students. Sedangkan pembicara Septi Riana Dewi menerangkan tentang membuat judul skripsi yang tidak jadul.

"Point yang dilakukan saat membuat judul skripsi yaitu pemakaian judul yang menggambarkan arah penelitian, menyesuaikan dengan topik yang disukai, menghabiskan banyak waktu untuk mencari referensi, melatih kepekaan terhadap sekitar dengan mengamati fenomena di sekitar, serta mengembangkan judul penelitian lama," terang Septi Riana Dewi. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar