Jalin Kerja Sama dengan FISIP UNS, Ketua MK RI Beri Kesempatan Magang bagi Mahasiswa

Jalin Kerja Sama dengan FISIP UNS, Ketua MK RI Beri Kesempatan Magang bagi Mahasiswa.

KBRN, Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Rabu (25/5/2022) pagi.

Dari informasi yang diterima RRI, PKS tersebut diteken sebagai tindak lanjut dari ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara UNS dengan MK RI tentang Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara dan Mutu Pendidikan Tinggi Hukum pada 2 Maret yang lalu.

Acara penandatanganan naskah PKS yang digelar di Aula FISIP UNS dihadiri langsung oleh Ketua MK RI, Dr. Anwar Usman, Hakim Konstitusi, Prof. Arief Hidayat, dan Dekan FISIP UNS, Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni. 

Saat mengunjungi FISIP UNS, ia juga memberikan kuliah umum bertajuk “Internalisasi Ideologi Pancasila di Era Digital bagi Generasi Milenial” kepada mahasiswa FISIP UNS usai menyaksikan penandatanganan PKS.

Perlu diketahui bahwa ruang lingkup yang disepakati kedua belah pihak mencakup pemagangan/ praktik kerja, pengajaran/ asistensi pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Sedangkan, untuk program studi (prodi) yang dilibatkan dalam PKS antara FISIP UNS dengan MK RI adalah S-1 Ilmu Administrasi Negara, S-1 Sosiologi, S-1 Hubungan Internasional (HI), dan Ilmu Komunikasi.

Ditemui usai sesi penandatanganan PKS, Anwar Usman menyambut baik kerja sama yang dijalin dengan FISIP UNS. Pria kelahiran 1956 itu mengatakan, MK RI memberi kesempatan bagi mahasiswa FISIP UNS untuk magang.

“Alhamdulillah tadi sudah disepakati bahwa MK RI akan memberi kesempatan kepada keluarga besar dan mahasiswa FISIP UNS untuk boleh dikatakan belajar di MK tentang penegakan konstitusi, penegakan hukum,” jelas Anwar Usman.

Secara terbuka, ia mengungkapkan rasa keterbukaan MK RI untuk menyambut kehadiran mahasiswa FISIP UNS yang akan magang.

“Tentu saja ini sangat antusias untuk menerima kehadiran para mahasiswa di MK nanti. Tadi saya juga (red: kuliah umum) itu ‘kan amanah konstitusi, amalan juga karena memberi ilmu kepada sesama itu pahala,” pungkasnya. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar