Rektor UNS Beri Bocoran Kuliah Luring Penuh Tahun ini

Rektor UNS, Jamal Wiwoho

KBRN, Surakarta: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho, memberi bocoran terkait dibukanya Perkuliahan Tatap Muka (PTM) secara penuh.

Dari rilisnya, ia mengatakan, tahun ini mahasiswa dapat kembali mengikuti PTM, tepatnya pada awal semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Kabar tersebut disampaikan Jamal saat meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Selasa (17/5/2022). “Kita akan memulai kuliah secara luring keseluruhan kalau sekarang ini ‘kan masih hybrid dan sekarang ini sudah UTS. Jadi, kami tidak mewajibkan untuk semua masuk,” ujar Jamal.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa UNS sedang melakukan persiapan menyambut PTM penuh pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Persiapan yang dilakukan meliputi sarana dan prasarana (sarpras) supaya mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan dosen dapat mengikuti PTM penuh dengan baik.

Sembari UNS mempersiapkan beberapa hal, Jamal meminta mahasiswa mulai mencari indekos atau kontrakan untuk digunakan selama berkuliah di Kota Surakarta.

“Karena persiapan-persiapan pelaksanaan untuk luring ini tidak gampang. Setelah dua tahun tidak melakukan perkuliahan luring (penuh), secara internal harus ada persiapan supaya pelaksanaannya menjadi lebih baik,” jelasnya.

Jamal menyampaikan, mahasiswa tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19 selama penyelenggaraan PTM penuh. Seperti tetap memakai masker, sudah divaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2, dan vaksin booster. Syarat-syarat ini masih diberlakukan supaya kampus tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19.

“Saya rasa sekarang harus booster juga. Prokes harus dipenuhi,” tambah Jamal. (Ase).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar