Peduli Literasi, Tim MKBM UNS Dirikan Perpus di Desa Sewurejo Karanganyar

KBRN Surakarta : Tim  Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendirikan perpustakaan desa di Sewurejo, Kabupaten Karanganyar.

Pembuatan perpustakaan serta program hibah ini baru saja usai pada Desember 2021. 

Lokasi perpustakaan ini sangat strategis karena dekat dengan Sekolah Dasar (SD), Taman Pendidikan Al Qur`an (TPA), lapangan, masjid, dan Pusat Kesehatan Desa (PKD) Sewurejo.

Elli Setianingsih selaku tim MBKM tersebut mengatakan bahwa di sana belum ada perpustakaan atau taman baca. 

“Di Sewurejo sudah ada rak buku yang terpajang di kantor kepala desa, tapi untuk perpustakaannya belum terfasilitasi. Oleh karena itu, kami dari tim hibah MBKM mendirikan perpustakaan dengan memanfaatkan lahan kosong melalui koordinasi dengan kepala desa. Selain itu, budaya literasi anak-anak di sini juga masih minim,” tuturnya, Minggu (23/1/2022). 

Tim MBKM UNS tersebut terdiri dari 10 mahasiswa, yaitu Elli Setianingsih, Hania Andriani, Fadilah Mutia Latifah, Mochamad Charis, Chusnul Nurjannah, dan Niqmah Ida dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); Adin Slamet R. dari Fakultas Pertanian (FP); Bella Sofie A. dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD); Sansan N. dan Budi Priyanto R. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Dalam menjalankan program, mereka dibimbing oleh Feri Setyowibowo, Ph.D. 

Mereka juga menyediakan buku bacaan di perpustakaan tersebut. Selain itu, mereka juga membuka donasi berupa buku, uang, dan perlengkapan penunjang perpustakaan. Saat ini, buku yang tersedia di sana cukup beragam, mulai dari buku pelajaran, ilmu pengetahuan umum, buku bacaan anak, buku fiksi maupun nonfiksi. 

“Untuk memperkenalkan perpustakaan ke masyarakat luas, kami mengadakan launching. Kami juga merencanakan berbagai program kegiatan rutinan di perpustakaan seperti rekreasi edukatif, bimbingan belajar, studi banding, dan sebagainya,” imbuh mahasiswa Pendidikan Ekonomi tersebut. 

Elli berharap semoga perpustakaan tersebut dapat dikelola dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat Desa Sewurejo. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar