FOKUS: #CORONA

Guru Terkonfirmasi Positif Covid-19, SMAN 1 Polanharjo Ditutup Sementara

KBRN, Klaten: SMAN 1 Polanharjo, Klaten dilakukan penututupan sementara dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). Penututpan dilakukan menyusul adanya seorang guru di sekolah tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Polanharjo Joko Handoyo mengatakan, kasus positif itu diketahui setelah pihaknya melakukan test antigen secara acak kepada 12 orang di lingkungan sekolah. Masing-masing kepada sepuluh orang siswa dan dua orang guru yang dilakukan pada hari Rabu (19/1/2022). 

"Hasilnya enam orang reaktif yakni lima siswa dan satu guru," ungkap Joko Handoyo kepada RRI Sabtu (22/1/2022).

Camat Polanharjo ini menambahkan, dari enam orang itu pada hari berikutnya dilakukan PCR di Puskesmas setempat. Hasilnya pada Kamis (20/1/2022) sore satu orang guru dinyatakan positif yang kemudian dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk dilakukan isolasi terpusat. 

“Satu orang positif yakni guru SMA Polanharjo, setelah diasessment oleh pak Dokter Puskesmas lalu dibawa ke Donohudan," sambung Joko. 

Sedangkan hasil penelusuran kontak erat dengan pasien tersebut sebanyak 14 orang. Sepuluh diantaranya guru dan empat lainnya adalah dari keluarga. Hari Jumat (21/1/2022) dilakukan PCR, namun hasilnya belum diketahui.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Polanharjo Jaka Susila kepada RRI mengatakan, sejumlah guru ada yang kontak erat dengan yang bersangkutan namun hasilnya belum diketahui. 

Terkait dengan pembelajaran kembali ia mengatakan kemungkinan untuk hari Senin masih dilakukan secara daring sambil menunggu hasil PCR.

“Kebetulan ada guru yang kontak erat termasuk saya ini dan di PCR pada hari Jumat kemarin. Seharusnya hasilnya hari ini namun ternyata ada kendala. Kemungkinan hari Senin masih daring,” kata Jaka Susila melalui sambungan telepon.

Langkah yang dilakukan kata Jaka Susila, jika hasil PCR negatif maka pembelajaran tatap muka tetap dilakukan dengan pembatasan. Seperti 50 persen masuk pagi dan 50 persen masuk siang. Adam/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar