Univet Bantara Sukoharjo Gelar Yudisium dan Pengambilan Sumpah Mahasiswa PPG Daljab 2022

KBRN Surakarta :  Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar acara Yudisium dan Pengambilan Sumpah Mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam jabatan tahun 2022.

Acara tersebut digelar secara luring dan daring  dipusatkan di Hotel Harris jalan Slamet Riyadi Purwosari, Solo, Sabtu (15/01/2022).

Koodinator PPG Univet Bantara Sukoharjo Dr. Mukti Widayati mengatakan pada PPG tahun ini yang bertemakan ” siap Menjadi Guru Profesional di  Abad 21″ dihadiri sebanyak 925 peserta  dari 4 angkatan.

Menurutnya, Univet mulai mendapat amanah dipercaya menyelenggarakan PPG Daljab oleh pemerintah pusat, sejak tahun 2018 lalu.

"Per tahun kami menyelenggarakan PPG Daljab. Nah, untuk acara yudisium seperti ini penyelenggaranya adalah mahasiswa bukan kami. Dalam acara ini kami memberikan fasilitas saja untuk penyerahan Serdik," ujarnya.

 Kali ini selain menyampaikan jumlah penerima Serdik atau sertifikat bagi guru yang sudah dinyatakan berhak menyandang guru profesional, dia juga menyebutkan jumlah guru yang lulus Ujian Pengetahuan (UP).

"Untuk UP ini yang memiliki otoritas meluluskan adalah kementerian pusat. Jumlahnya 925 peserta, yang lulus 816 atau 88,21%. Jumlah lulusan sebanyak itu meningkat dibanding tahun lalu," ungkap Dr. Mukti.

Dari jumlah 925 peserta UP tersebut, rinciannya 720 dari peserta PPP Daljab, sedangkan sisanya 205 adalah retaker. Retaker adalah peserta yang tidak lulus namun mengikuti lagi.

"Insya Allah pada penyelenggaraan PPG Daljab berikutnya, kami akan berupaya dapat meluluskan 100%. Yang jelas untuk pelaksanaan yudisium ini dari mahasiswa untuk mahasiswa. Kami tidak memungut biaya sepeserpun," imbuhnya.

Menurutnya, acara yudisium dan pengambilan sumpah dilakukan menggunakan format luring dan sisanya daring lantaran para peserta berasal dari Sabang sampai Merauke. Untuk yang luring sebanyak 354 rata-rata berasal dari sekitar pulau Jawa.

Sebelum dinyatakan lulus para peserta yang merupakan guru dari jenjang SD hingga SMA mengikuti pendidikan selama tiga bulan terdiri dari empat prodi.

“ Ada empat prodi, yakni prodi PPG PGSD, PPGBK, PPG Bahasa Indonesia dan PPG matematika,” ujarnya.

Acara tersebut juga hadir sejumlah petinggi kampus Univet Bantara diantaranya, Ketua YPPP Veteran Drs. Bambang Margono MM, Rektor  Prof. Dr. Farida Nugraheni M.Hum, beberapa WR, serta Ditjen GTK Kemdikbud Elvira. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar