Keren, Siswa SDN Butuhan 2 Delanggu Klaten Berhasil Ciptakan Alat Sterilisasi Udara

KBRN, Klaten : Dua siswa Sekolah Dasar Negeri  Butuhan dua Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten masing-masing bernama Mohammad Eko Pujiyanto dan Adyatama Faturahman berhasil menciptakan alat untuk menstrilkan ruangan yang diberi nama autometec ozone machine . Alat tersebut  dapat berfungsi untuk mengeliminir virus covid -19.

Adyatama Faturahman menyatakan untuk membuat   alat tersebut  diperlukan waktu kurang lebih satu bulan yang fungsinya untuk mensterilkan udara didalam ruangan. Tujuannya untuk mengurangi penularan covid-19.

“Autometic ozone machine. Untuk mensterilkan udara di dalam ruangan , yang tujuannya untuk mengurangi penularan covid 19,” ungkap Faturahman kepada wartawan Jumat (21/10/2021).

Faturahman yang  juga siswa di sekolah robot Klaten itu  menyebut beberapa kompenen dari alat itu antara lain kipas, ozon generator, box, terminal, kabel jumper, timer. Untuk membuat alat tersebut menghabiskan dana 750 ribu rupiah.

Agur selaku pendamping dari sekolah robot Klaten mengaku  alat tersebut merupakan karya dua siswa di sekolah robot Klaten .

Ide dasarnya   mereka  itu ingin ketika masuk sekolah dalam kondisi aman terkait covid-19 yang kemudian mereka berdiskusi untuk dapat membuat alat guna melawan covid-19.

Ia mengatakan mesin itu dapat menghasilkan O 3  yang dapat membunuh virus  dengan keakuratan 90 persen.

“Setelah diskusi munculah alat namanya ozone machine  dimana ozone ini menghasilkan O 3 yang dapat membunuh  virus  dengan tingkat keakuratan 90 persen,” kata Agur.

Agur mengatakan alat itu mempunyai batasan tidak boleh secara langsung dihirup oleh manusia dalam waktu yang lama karena akan dapat menggangu organ manusia. Sehingga solusinya dipasang timer. 

Kepala Sekolah Suwarto memberikan apresiasi yang tinggi kepada dua siswanya itu. Menurut rencana alat itu akan diperbanyak untuk dipasang di setiap ruangan. 

(Adam Sutanto /WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00