Adakan Pelatihan Pengajar TPA, HMP PAI UMS Gandeng Pemuda Desa Lemusir

KBRN Surakarta : Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (HMP PAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar pelatihan pengajar Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) kepada remaja di lingkungan masjid Nurul Hadi Desa Lemusir, pada Sabtu (25/09/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Nurul Hadi Lemusir ini dihadiri oleh 9 remaja Desa Lemusir, Tugiyo selaku wakil ta'mir masjid, serta Furqon Hasbi, Lc, M. Ag selaku dosen Pendidikan Agam Islam (PAI) UMS yang juga menjadi pembicara.

Para pemuda desa Lemusir inilah yang akan menjadi penerus generasi tua dalam memakmurkan masjid terkhusus masjid Nurul Hadi Lemusir, sebagaimana yang dikemukakan oleh Ketua Umum HMP PAI UMS Eko Wicaksono tentang kegiatan pengabdiannya.

"Kami berharap generasi muda di sini menjadi pengurus masjid yang memakmurkan masjidnya, " kata Eko.

Selain itu ia berharap, masjid yang dijadikan pelatihan TPA akan menjadi pusat pengembangan keterampilan, atau kegiatan sosial lainnya serta melahirkan peradaban yang gemilang.

"Masjid bukan hanya menjadi tempat ritual sholat, tapi masjid itu sebagai tempat temen-temen menuntut ilmu, melkukan kegiatan sosial lainnya," papar Ketua Umum HMP PAI itu.

Dalam keterangan terpisah, Ketua Panitia Aditya Wisnu menyampaikan kegiatan ini membuka lahan bagi para pemuda Desa Lemusir agar ke depan mereka bisa menjadi tenaga pendidik terutama di TPA Lemusir dan juga menambah relasi bagi remaja Lemusir untuk mendapatkan ilmu.

Tugiyo selaku Wakil Ketua Ta'mir Masjid Nurul Hadi mengungkapkan pihaknya sangat terbantu dengan hadirnya kegiatan-kegiatan dari HMP PAI UMS terutama kegiatan Pelatihan Pengajar TPA.

"Untuk mengisi kegiatan di masjid Lemusir ini termasuk sering, juga mengajar TPA, serta kegiatan Ramadhan, pengajian seminggu sekali. HMP juga mengadakan pengajian bersama," ujar Tugiyo.

Dia mengatakan ilmu yang disampaikan dari HMP PAI sangat bermanfat,  utamanya tentang materi keagamaan.

"Manfaatnya bisa langsung kita rasakan," ujarnya. (Edwi/Ril)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00