479 Mahasiswa UMS, Duta Program Kampus Mengajar Kemensikbudriatek RI

 KBRN Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terpilih menjadi peserta Kampus Mengajar Angkatan II Tahun 2021 dengan peserta sebanyak 479 Mahasiswa dari berbagai program pendidikan.

"Alhamdulillah, kami mendapat kepercayaan, ini bagian dari program kampus mengajar," papar Wakil Rektor I UMS, Prof. Harun Joko Prayitno, Sabtu (31/07/2021). Menurutnya, Program Kampus Merdeka Mengajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) 2021 merupakan bagian dari Program Kampus merdeka yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. "Ini bagian dari implementasi dari MBKM," tukasnya.

Harun menambahkan, mahasiswa  UMS  Program  Sarjana yang  diterima  sebagai  pelaksana  Program  Kampus Mengajar  (KM)  sebagai  salah  satu  implementasi dari Program  Merdeka  Belajar  Kampus  Merdeka  (MBKM) dari Kemdikbudristek RI Tahun 2021.

"Hakikat  KM  UMS  2021  ini  adalah  sebagai  wahana belajar  (learning  to  do, learning  to  live together)  untuk  memandirikan,  mendewasakan,  dan mengembangkan  diri  sekaligus  untuk  mengabdikan diri  sebagai  duta  literasi dan  numerasi  di  Sekolah Dasar  atau  Sekolah  Menengah  Pertama  di  seluruh Wilayah  Indonesia  yang  ditetapkan  oleh Kemdikbudristek  RI  (Terakreditasi maks C)." ujar Harun.

KM  UMS  2021, lanjut dia, memiliki tujuan untuk membekali  mahasiswa menguasai berbagai keilmuan/ keahlian yang berguna untuk memasuki masa depan melalui hak belajar di luar program studi/ kampus. Lokasi pelaksanaan KM UMS 2021 bertempat di SD dan SMP sedakat mungkin dengan wilayah domisili mahasiswa yang mengikuti KM UMS 2021.

Harun yang juga Ketua Asosiasi LPTK PTMA lebih jauh menjelaskan, bahwa Program Kampus mengajar memberikan pengalaman dalam hidup, kehidupan, kehidupan, & berpenghidupan bermasyarakat dan menumbuhkan IKI (Inonavator, Kreator, Inventor) bagi mahasiswa yang berpartisipasi. "Program Merdeka Mengajar ini akan memberikan pengalaman luar biasa bagi kehidupan dan bermasyarakat selain itu juga akan menumbuhkan IKI yaitu Inovator Kreator dan Inventor jadi secera keseluruhan program ini Keren," kata Harun.

Tercatat, 479 perserta yang terdiri dari 388 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, 25 mahasiswa Fakultas Agama Islam, 31 mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis, 15 mahasiswa Fakultas Geografi, 5 mahasiswa Fakultas Psikologi, 6 mahasiswa Fakultas Teknik, 4 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan dan 5 mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika yang berjalan selama 12 minggu. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00