FIFA Resmi Menunjuk Stadion Manahan Resmi Sebagai Venue Piala Dunia U20 Tahun 2021

KBRN Surakarta : Masyarakat di wilayah Soloraya  akhirnya bisa menarik napas lega setelah FIFA secara resmi menyetujui Stadion Manahan Solo sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

Stadion peninggalan era orde baru yang baru saja selesai direnovasi awal tahun ini dengan anggaran 301 Milyar itu dipastikan menjadi satu dari empat stadion di Indonesia sebagai ajang sepakbola internasional yang digelar pada bulan Mei-Juni 2021.

Walikota Solo FX hadi Rudiyatmo mengaku bersyukur, kota solo menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan sepakbola yang diperuntukkan bagi pemain dibawah Usia 20 tahun.

“ Pemilihan stadion Manahan jelas, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di kita bengawan. Sehingga dapat menyaksikan dan memberikan dukungan secara langsung kepada tim-tim yang nanti bertanding  di stadion Manahan Solo,” ungkap Rudy panggilan akrabnya kepada wartawan, Kamis (02/07/2020).

Kendati sudah ditetapkan sebagai tuan rumah, namun FX Hadi Rudiyatno menyebut masih perlu lapangan pendukung yang nanti akan menjadi tempat latihan bagi para peserta. Setidaknya terdapat lima lapangan yang saat ini sudah masuk dalam taraf pengajuan untuk segera direnovasi.

“Lantaran lapangan pendukung saat ini kondisinya masih belum standar, maka harus segera diperbaiki. Hanya saja beaya perbaikan untuk menjadi lapangan berkelas internasional itu perlu anggaran yang tidak sedikit,” tukasnya.

Oleh karena itu FX Hadi Rudiyatmo meminta kepada pemerintah untuk   dapat segera mengucurkan anggaran sehingga pengerjaan lapangan pendukung itu dapat segera dilakukan.

Penetapan stadion Manahan sebagai salah satu venue piala dunia juga mendapatkan sambutan hangat dari kelompok suporter pasopati Solo.

Seperti yang diungkap presiden pasopati Aulia Haryo Suryo kepada RRI. Sebagai salah satu kelompok suporter paling atraktif di Indonesia, Pasopati berkomitmen memberikan rasa aman dan dukungan kepada tim-tim yang bertanding.

“ Kami dari Pasopati juga menyatakan siap menampilkan aksi-aksi terbaiknya nya sebagai wujud bahwa pasopati merupakan suporter yang kreatif,” cetus Rio panggilan akrabnya.

Selain Stadion Manahan Solo dalam surat resmi dari FIFA yang diterima PSSI dan Kemenpora terdapat 3 stadion lain sebagai venue piala dunia U20.

Yakni Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Adapun dua stadion lain yakni Stadion Si Jalak Harupat, Bandung dan Stadion Jakabaring, Palembang, masih dikaji kelayakannya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00