Fakultas Keolahragaan UNS Surakarta Mulai Gelar Seleksi Bagi Calon Siswa KKO SMA 4 Solo

KBRN Surakarta : Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memulai tahapan seleksi awal bagi Calon Siswa (Casis) Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA Negeri (SMAN) 4 Solo.

Dalam kesempatan tersebut, Casis KKO SMAN 4 Surakarta harus menghadapi tes antropometri dan tes kemampuan di hadapan para penguji yang terdiri dari dosen dan mahasiswa FKOR UNS selaku konsultan. 

Mulai dari pengukuran antropometri seperti tinggi badan, berat, tinggi duduk, rentang lengan, tes fisik, tes koordinasi, tes power lengan, tes power tungkai, tes kecepatan, kemudian kelincahan dan terakhir daya tahan aerobik.

Dekan FKOR UNS Solo Sapta Kunta Purnama mengatakan, hasil seleksi mempertimbangkan beberapa aspek seperti nilai rapot dan test bakat olahraga dan nilai prestasi non akademi berdasarkan PPDB tahun 2020.

“Selain beberepa aspek tersebut  casis juga menjalani test piskologi untuk mengetahui seberapa jauh semangat dan motivasi terhadap anak didik KKO,”  ungkap Sapta Kuto Purnama, Sabtu (13/06/2020).

Dekan FKOR UNS, juga mengatakan saat seleksi pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah.

“ Ya, kami membagi Casis KKO SMAN 4 Surakarta dalam 2 kloter, dengan jumlah masing-masing kloter diisi paling sedikit oleh 15 Casis dan penerapan physical distancing antarcasis selama proses seleksi berlangsung,” tukasnya.

Penyelenggaraan seleksi Casis KKO SMAN 4 Surakarta yang digelar hari ini merupakan bentuk kerjasama resmi antara FKOR UNS dengan SMAN 4 Solo dalam mewujudkan pembinaan atlet-atlet muda, khususnya di Kota Surakarta, agar mampu menorehkan prestasi bagi dunia olahraga nasional.

“ Kami sudah tahun keempat ini menjadi konsultan KKO untuk tingkat SMP dan tahun ini KKO membuka kelas untuk SMA,” ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang Kesiswaan SMAN 4 Surakarta, Nanang Inwanto, mengatakan apabila pihaknya secara terbuka menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya FKOR UNS yang mempunyai kompetensi dalam bidang keolahragaan, dalam seleksi Casis KKO.

“ Ya, kami siap menampung para calon atlet terbaik 13 cabang olahraga.” ungkapnya.

Menurutnya, untuk sejumlah Cabor bidikan kelas khusus dibuka dalam KKO SMAN 4 kali ini, seperti taekwondo, pencak silat, karate, atletik, renang, tenis lapangan, tenis meja, panahan, bola voli, sepak bola, anggar, dan judo. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00