Kejurnas Pencak Silat Perisai Diri Akan Berlangsung di Kota Solo

KBRN Surakarta : Seribu 360 atlet pencak silat pelajar dari berbagai daerah di tanah air dipastikan ambil bagian dalam kejurnas pencaksilat Perisai diri Hamengkubuwono X Cup tahun 2019.   

Ivent yang sudah menjadi kalender tetap tahun ini memasuki tahun kelima akan digelar selama lima hari Mulai 18 Desember 2019 di GOR Srtiek Arena Solo.

“Para pelajar yang ikut tersebut berasal dari Tingkat Sekolah Dasar SD, SMP dan SMA/SMK,” ungkap Ketua panitia Kejurnas Heru Tetuko dalam jumpa persnya di RM Boga Bogi Colomadu, Jumat (13/12/2019).

Menurutnya, kejurnas sengaja dihelat bersamaan selesainnya para pelajar ujian sekolah sehingga memberi kesempatan para pelajar berkompetisi bidang olahraga yang selama ini menjadi ekstrakurikuler.

“Kami sengaja mencari waktu yang tepat sehingga mereka bisa tampil. Mempertandingkan beberapa kelas versi Perisai Diri diantaranya Serang Hindar atau tanding, Solo Spell atau tunggal beregu, Teknik Berpasangan Tangan Kosong dan Senjata dan Teknik Asli Beregu dan Senjata,” tukasnya.

Menurut Heru Tetuto, jumlah peserta dalam kejurnas tahun ini merata dari berbagai daerah di tanah air termasuk dari papua bahkan Timor Timur juga mengirimkan 5 atletnya.

“ Dari Papua juga mengirimkan peserta meski tidak banyak, termasuk dari Timor Leste juga ada 5 atet “ cetusnya.

Sementara itu acara pembukaan pada Rabu malam dengan Tagline Generasi Kuat dan Berbudaya Nasional itu akan dihadiri ketua IPSI Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Sri Sultan Hamengkubuwono ke X dan Paku Alam, Wali Kota Solo, serta Ketua SKK Migas, Dwi Sucipto, serta pejabat lainnya sekaligus para atlit PD yang masih eksis hingga mantan atlit menjadi pengabdi negara serta berdikari.

“ Pada saat pembukaan juga akan disajikan tayangan sejarah Perisai Diri dari terbentuknya, prestasi hingga diberinya penghargaan pendiri PD RMS Soebandiman Dirdjiatmojo, yang tak lain cucu Ki Hajar Dewantara, oleh negara sebagai pendekar satu satunya dinobatkan oleh negara sebagai Pendekar Purna Utama,” pungkasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00