Sukses Gelar ASEAN Paragames XI, Pemkot Solo Bangun Monumen Kaldron di Stadion Manahan

KBRN Surakarta: Kesuksesan Solo menjadi tuan rumah dan Indonesia menjadi juara umum ASEAN Paragames APG XI menjadi catatan sejarah. Pemkot Surakarta akan membangun monumen ASEAN Paragames XI di Kawasan Stadion Manahan Solo. 

Dijumpai di Stadion Manahan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Joni Hari Sumantri mengatakan, monumen yang akan dibangun berbentuk Kaldron APG. Monumen itu akan berada di depan pintu masuk Stadion Manahan sisi utara atau di jalan Menteri Supeno. 

"Monumen ASEAN Paragames, yang mengerjakan DPU-PR didesain sana juva. Yang ditempatkan di sini nanti Kaldron ASEAN Paragems akan dijadikan monumen di situ. Penempatan di segitiga depan taman depan pintu utara," kata Joni Jumat (12/8/2022).

Disampaikan Joni Sumantri, desain dari Monumen APG XI itu disusun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPU-PR, termasuk pengerjaan proyek tersebut. Diharapkan dengan adanya monumen Kaldron APG XI menambah histori Solo sebagai Kota sports tourism.  

"Kawasan ini kan terbuka untuk olaraga dan publik dengan banyaknya tambahan ornamen dan monumental dan historikal akan menjadi daya tarik bagi orang berkunjung ke Surakarta," bebernya.

Dikesempatan yang sama Kepala DPU-PR Solo Nur Basuki mengatakan, Monumen APG XI konsepnya seperti plaza monumen dengan Obor Paragems suatu. Hal ini bagian dari sejarah pergelaran Asean Paragames APG XI 2022. 

Tinggi monumen ASEAN Paragames itu 14 meter berada di sebelah selatan Jalan Menteri Supeno. Menurutnya kawasan tersebut akan dibangun menjadi spot foto selfi.

"Kaldron bukan patung, yang terbuat dari tembaga. Tinggi 14 meter, letaknya 7 meter dari jalan Menteri Supeno, di pintu manahan C (utara) fokus di obor. Itu nanti jadi tempat sefie bawahnya batu granit," jelas Nur Basuki.

Dikatakan Nur Basuki, pembangunan monumen APG ini Bagian dari penataan kawasan, pedestrian dan selter Manahan yang dikerjakan Pemkot. Pihaknya tengah merampungkan desain dan diproyeksikan akhir November sudah selesai bersamaan dengan proyek penataan kawasan tersebut. "Selesai bareng dengan penataan selter," ujarnya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar