FOKUS: #G20

Inaspoc Mulai Rekrut Volunteer APG, Ini Kriteria Yang Dibutuhkan Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan pers di Kelurahan Nusukan Banjarsari Solo.

KBRN, Surakarta: ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo tinggal menghitung hari. Indonesia ASEAN paragames Organizing Comittee (INASPOC) segera membuka rekrutmen volunteer atau relawan untuk membantu pelaksanaan pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang.  

Kemahiran akan penggunaan Bahasa Inggris menjadi pertimbangan utama dalam rekrutmen relawan tersebut. 

Ketua INASPOC APG 2022 Gibran Rakabuming mengatakan pendaftaran volunteer untuk Pesta Olahraga disabilitas di se-Asia Tenggara di Jawa Tengah segera dibuka.

"Minggu ini kita mulai perekrutan volunteer dan pelatihannya," jelas Gibran seusai penyerahan ganti untung warga terdampak rel layang Joglo di Kelurahan Nusukan, Rabu (6/7/2022).

Wali Kota Solo itu berharap pada seluruh anak muda untuk bisa ikut bergabung dalam menyukseskan Asean Para Games kali ini. Anak muda dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan diutamakan mengingat penempatannya di ajang internasional itu. 

"Yang mau daftar silakan ikut saja. Anak-anak muda yang punya kualitas bahasa Inggrisnya baik ikut saja," papar Wali Kota.

Menurut Gibran, pihaknya membutuhkan sekitar 200 orang relawan untuk membantu pelaksanaan APG. Pendaftarannya akan dilakukan secara online. Link pendaftaran akan diumumkan secara terbuka dalam waktu dekat. 

"Kebutuhannya lebih dari 200 orang. Nanti saya kasih kebutuhannya apa saja. Yang jelas segera dibuka pendaftarannya, lewat link ya," beber Gibran. 

Namun saat ditanya honor untuk relawan APG Gibran enggan membeberkan. Pihaknya butuh anak-anak muda yang siap untuk menyukseskan event internasional ini. Durung apa-apa kok sudah ditanyain honor," ucapnya singkat.

Asean Para Games tahun ini dijadwalkan berlangsung mulai 30 Juli - 6 Agustus 2022 di dengan penggunaan venue di beberapa titik di Solo Raya dan Kota Semarang. 1.800 delegasi dari 11 negara do Asia Tenggara itu dijadwalkan tiba pada 27 Juli mendatang. 

Sekjen Narional Paralympic Comittee (NPC), Rima Ferdianto sebelumnya mengatakan aturan ketat akan diberlakukan pada atlet, official, hingga segala pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Asean Para Games 2022, tanpa terkecuali dengan keberadaan para volunteer tersebut. 

"Kami siapkan sistem buble yang paling ketat seperti atlet hanya bisa bergerak dari hotel ke venue saja dan swab tiap tiga hari sekali. Untuk pihak pendukung acara seperti sukarelawan, sopir, petugas hotel, dan lain sebagainya harus menjalani tes swab setiap hari karena akan berunteraksi dengan banyak pihak," jelasnya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar