APG 2022, Kontingen NPC Indonesia Optimis Juara Umum

KBRN Surakarta : Ketua NPC Indonesia yang juga penanggung jawab prestasi Indonesia, Senny Marbun memaparkan persiapan dan kekuatan kontingen Indonesia dalam mencapai target juara umum.

Paparan target kontingen NPC Indonesia itu disampaikan dalam rakor bersama Menpora yang digelar di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/06/2022)

"Setelah Paralimpiade Tokyo 2020, sesuai dengan arahan dari Menpora Zainudin Amli, NPC langsung memanggil atlet untuk menggelar pelatnas. Pemanggilan atlet itu didasari untuk menjalankan pelatnas guna tampil di ASEAN Para Games dan Asian Para Games China. Dengan persiapan Atlet yang matang, saya optimis Indonesia akan bisa juara umum di ASEAN Para Games 2022," ucap Senny.

Senny menambahkan, perjuangan Indonesia di APG nanti tidak akan mudah mengingat Thailand akan mengirimkan banyak atlet. Namun, untuk menjaga asa menjadi juara umum, NPC akhirnya memutuskan untuk menggelar pelatnas mandiri untuk menambah kuota atlet.

"Setelah perhitugan kuota sesuai entry by names, Thailand mengirimkan 312 atlet sedangkan Indonesia hanya 210 atlet. Untuk mencapai target juara umum maka NPC Indonesia mengambil kebijakan penambahan 111 atlet dengan pelatnas mandiri," jelas Senny.

ASEAN Para Games ke-11 yang akan berlangsung di Solo pada 30 Juli Hingga 6 Agustus mendatang bakal diikuti oleh 1.283 atlet dari 11 negara. Thailand menjadi negara dengan kontingen terbanyak 312 atlet diikuti Indonesia (321 atlet), Filipina (144), Vietnam (126), Kamboja (113), Malaysia (89), Myanmar (69), Singapura (44), Laos (37), Brunei Darussalam dan Timor Leste masing-masing 15 atlet.

Kontingen Indonesia akan dipimpin oleh Chef de Mission, Andi Herman. Indonesia menargetkan menjadi juara umum dengan target 104 medali emas. Harapan kontingen Merah-Putih untuk mendulang kepingan emas berasal dari cabor para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis dan para-catur. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar