Solo Semakin Siap Menggelar ASEAN Para Games 2022

KBRN Surakarta : Guna mematangkan persiapan untuk menggelar ASEAN Para Games (APG) ke-11 tahun 2022, NPC Indonesia dan INASPOC menghadiri Rapat Koordinasi bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga, Zainudin Amali.

Dalam rakor yang diadakan di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022), membahas berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan target Indonesia di ASEAN Para Games tersebut.

Dalam rakor yang dipimpin langsung Menpora Zainudin Amali yang juga sebagai Ketua Penyelenggara dan Penanggung Jawab ASEAN Para Games 2022, membahas persiapan kota Solo untuk menggelar APG.

Dalam pemaparannya, Ketua Panitia Pelaksana APG 2022 yang juga Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka memaparkan kesiapan Solo untuk menyambut dan menggelar pesta olah raga bagi kaum disabilitas tersebut.

Gibran menjelaskan sejauh mana kesiapan semua venue untuk menggelar 14 cabang olah raga, maskot, transportasi, keamanan dan dukungan pemerintah pusat dan provinsi dalam menyukseskan APG. Gibran mengaku bangga kota Solo untuk kedua kalinya dipercaya menjadi tuan rumah APG setelah pertama kali pada tahun 2011.

"Sebuah kehormatan bagi kota Solo untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Dalam rakor tadi, saya telah laporkan kepada pak Menpora bahwa persiapan sangat matang untuk venue, hotel dan volunter. Tentu saja, saya tambah semangat karena dari kementerian terkait dan pemerintah provinsi full support agar ajang ini bisa berjalan dengan lancar,"

Terdapat sejumlah hal yang menjadi sorotan Gibran yang perlu dipersiapan secara matang antara lain kedatangan kontingen dari negara lain serta transportasi bagi atlet.

"Kedatangan para kontingen di Solo perlu mendapat perhatian serius karena berbarengan dengan kepulangan jemaah haji dari dari tanah suci. Saya juga meminta dukungan kepada kementerian pehubungan untuk menyiapkan kendaraan yang ramah disabilitas demi memudahan para atlet," tambah Gibran.

Menpora Zainudin Amali mengatakan, setelah melihat pemaparan dari NPC dan Inaspoc serta adanya dukungan dari Kementerian dan instansi/lembaga, maka membangkitkan optimismenya bahwa  Indonesia bisa sukses menjadi tuan rumah.

"Jika melihat apa yang telah dilakukan oleh panitia pelaksana APG sejauh ini serta dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi Jawa Tengah membuat saya optimis kita akan sukses menggelar ASEAN Para Games tahun ini," kata Zainudin Amali.

Tiga target utama yang dicanangkan oleh Menpora Zainudin Amali dalam menyelenggarakan APG 2022. "Kita harus sukses dalam tiga hal yakni sukses sebagai tuan rumah, sukses prestasi dan sukses dalam administrasi. Selain itu bagi tingkat provinsi juga harus sukses mendongkrak ekonomi kerakyatan," harap Menpora.

Dalam rakor tersebut juga dihadiri oleh 12 Kementerian antara lain Kemenko PMK, Kementerian BUMN, Kemenlu, Kemenkeu, Kemenkes, Kemenhub, Kemenkes, Kemenkominfo dan BNPB, TNI/Polri serta sejumlah instansi dan lembag tingkat pusat dan daerah. Semua kementerian, instansi dan lembaga terkait itu menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksaan ASEAN Para Games 2022. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar