Torch Relay APG Diambil Dari Api Mrapen, Dikirab Keliling Semarang Sampai Solo Raya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dok RRI

KBRN, Surakarta: ASEAN Paragames 2022 akan diawali dengan torch relay (estafet obor) pada 16-17 Juli mendatang. Torch relay untuk menyambut gelaran ini, akan diramaikan oleh para atlet hingga artis ibukota dan para atlet. Sementara apinya diambil dari Mrapen Grobogan, Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Indonesian ASEAN Paragames Organizing Comittee (Inaspoc) 2022, Gibran Rakabuming Raka, seusai Rakor Kesiapan APG di Balaikota di Senin (27/6/2022). 

Dia menyampaikan akan ada torch relay yang akan diikuti oleh para atlet dan beberapa artist ibukota. "Iya atlet ikut semua. Makanya ini promosinya kita tekankan, melibatkan warga juga biar mereka tahu," kata Gibran.

Torch relay ini dilakukan sebagai upaya promosi pesta Olahraga atlet Difabel di Asia Tenggara itu. Karena meskipun sudah mendekati pelaksanaan, gaungnya belum terdengar di daerah.

"Makanya nanti ada torch relay. Melibatkan warga juga, biar warga lebih tahu. Atlet ikut semua, atlet Indonesianya. Makanya nanti kita promonya kita tekankan," ujar Gibran.

Terkait dengan persiapan APG 2022, Gibran juga akan melakukan koordinaai lanjutan dengan beberapa kementerian. Salah satunya Kementerian BUMN untuk mendukung APG 2022.

"Besok saya berangkat ke Jakarta lagi. Koordinasi dengan kementerian-kementerian terkait," katanya.

Sekjen National Paralympic Comittee (NPC) Rima Ferdianto menambahkan untuk torch relay akan dimulai dari Mrapen Grobogan menuju ke Semarang, kemudian masuk masuk Solo Raya sebelum finish di Surakarta.

"Dari Semarang, Sukoharjo, Karanganyar dan berakhir di Solo. Kami akan libatkan atlet dan komunitas disabilitas fi tiap kota. Kalau artis nanti tanya ke Mas Gibran saja," jelasnya.

Dengan sosialisasi ini ia berharap agar bisa memberikan sosialisasi ke masyarakat. "Torch relaynya akan dilaksanakan 16-17 Juli besok," katanya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar