De Tjolomadoe Batal Jadi Venue APG, Tenis Meja Geser Sport Hall Tirtonadi

Foto ilustrasi de Tjolomadoe. Dok Antara Foto

KBRN, Surakarta: Venue cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada ASEAN Para Games (APG) 2022 harus bergeser dari rencana awal. Cabor tersebut adalah tenis meja, yang sedianya akan dipertandingkan di De Tjolomadoe Karanganyar, Jawa Tengah, dipindahkan ke Sport Hall Terminal Tirtonadi Solo. 

Pergeseran Venue APG itu terungkap saat rapat koordinasi persiapan ASEAN Para Games dengan OPD terkait di Manganti Projo Balaikota, Senin (27/6/2022).

Seusai memimpin rapat Ketua Indonesia ASEAN Paragames Organizing Comittee Gibran Rakabuming Raka mengatakan De Colomadoe akan digunakan untuk konser Tulus. Namun Gibran memastikan Pergeseran Venue APG itu tidak bermasalah dan segera dilakukan pengondisian. 

"Kita pindah di tirtonadi. Ada dua cabor di sana (judo dan tenis meja). Tjolomadoe ada Tulus (konser) ternyata. Tapi kita pindah, tenang aja," ungkap Gibran.

Wali Kota Solo itu juga menyampaikan persiapan APG yang bakal dihelat 30 Juli sampai 6 Agustus itu sudah maksimal. Lanjut putra Sulung Presiden Jokowi itu, tinggal dibutuhkan penambahan kecepatan jaringan internet dan persiapan torch relay (pawai obor) 16-17 Juli.

"Yang masih kurang Jaringan internet, cepet. Antisipasi lonjakan covid. Jaringan internet pakai telkom. Broadcast kemarin dibantu pak Hari Tanoe. Broadcast untuk penyiaran," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengakui De Tjolomadoe tidak bisa dipakai dan venue dipindahkan ke Tirtonadi sports hall. 

"Memang biasa kami pakai venue tenis meja juga, ada 7 meja penyisihan. Kalau 7 meja ini indoor, untuk pemanasan kami buatkan outdoor," ungkapnya.

Dengan adanya perpindahan ini ada beberapa perbaikan yang sudah disanggupi oleh Kementerian PU-PR dan dijanjikan selesai 15 Juli. "Perbaikan PU-PR menjanjikan 15 Juli atau lebih sudah finish semua. Jadi ini dikebut, kami optimis. Manahan itu udah kayak baru lagi," bebernya.

Rima Ferdianto optimis perbaikan yang dilakukan Kementerian PU-PR bisa selesai tepat waktu, sehingga 13 venue itu nantinya dapat diujicoba para atlet APG.

Rima menyebutkan khusus untuk venue renang di Jatidiri Semarang ditargetkan selesai pada 20 Juli. Perbaikan meliputi akses jalan menuju ke kolam renang yang saat ini sudah mulai dikerjakan.

"Hanya kolam renang Jatidiri. Jalan aspal menuju ke situ, tapi hari ini sudah dikerjakan Nindya karya, 20 juli selesai. Karena start agak paling akhir. Tapi hanya aksesibilitas, jadi cepat," ujarnya. 

Pihaknya optimis perbaikan venue selesai. Sehingga kontingen Indonesia segera melakukan ujicoba dan menguasai venue dari pada kontingen luar negeri. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar