Resmi, Kota Solo Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Asean Para Games 2022

KBRN Surakarta : Indonesia secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Asean Para Games (APG) tahun 2022 mendatang.

Penunjukan Indonesia pada olahraga multi event bagi penyandang atlet disabilitas tingkat ASEAN itu menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri.

Nantinya APG akan berlangsung di Kota Solo pada bulan Juli 2022 mendatang.

Terkait kota yang menjadi tuan rumah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming pun juga ditunjuk sebagai Ketua Panitia APG (Inapgoc).

Saat memberikan keterangan kepada sejumlah media, di kantor NPC Pusat, putra sulung Presiden Jokowi itu membenarkan jika kota Solo dipercaya menjadi tuan rumah APG 2022.

“ Ya, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah APG, yang bakal berlangsung di kota Solo. Pada tahap awal ini pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan stake holder terkait untuk mengambil langkah-langkah guna melakukan perbaikan venue olahraga,” ujar Gibran kepada wartawan, Selasa (25/01/2022).

Gibran Rakabuming mengaku tidak khawatir sebab kota Solo memiliki sejumlah venue bertaraf internasional. Apalagi pada tahun 2011 juga pernah menjadi tuan rumah untuk event yang sama.

“Ndak masalah, khan Solo pernah menjadi tuan rumah pada APG tahun 2011. Dan hasilnya sukses. Untuk APG tahun ini kami juga siap dengan venue yang juga sudah tersedia semuanya standar internasional,” ujar Gibran.

Lebih lanjut dikatakan bahwa penunjukan kota Solo menjadi tuan tumah terbilang luar biasa sekali. Karena ini bisa menjadi branding dan untuk pemulihan ekonomi Kota Solo. 

“Nantinya  beberapa pertandingan tidak hanya venue di Kota Solo saja, melainkan juga venue di daerah Solo Raya,” tandasnya.

Sementara itu Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan ada 11 negara yang akan ikut dalam APG di Kota Solo. 

Menurutnya, ajang APG, sempat vakum karena pandemi Covid-19 yang seharusnya digelar di Filipina tahun 2020 dibatalkan.

“Lantaran digelar di Indonesia, kami semakin optimis jika kontingen NPC bakal kembali meraih gelar juara umum,” ujar Senny.

Pelaksanaan APG yang tinggal beberepa bulan pihaknya  juga mulai menjalin komunikasi dengan wali kota Solo untuk mempersiapkan berbagai hal terutama venue pertandingan.

“Kita akan koordinasi dengan Mas Wali, apa-apa saja yang kurang. Kita tidak akan merenovasi untuk 13 cabang olahraga. Stadion Manahan kan sudah siap," tukasnya.

APG 2022 bakal mempertandingkan 13 cabang olahraga. Beberapa cabor andalan seperti atletik, bulutangkis, tenis meja, renang, angkat berat, dan catur tetap menjadi lumbung medali emas bagi kontingen NPC Indonesia. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar