Pemerintah Segera Membangun Training Camp Bagi Pelatnas NPC di Delingan Karanganyar

KBRN Surakarta :  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Ketua NPC Indonesia Seny Marbun, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Deputi Peningkatan Prestasi Chandra Bhakti, meninjau lokasi lahan yang akan dibangun untuk Training Camp atau pusat pelatihan bagi atlet NPC, Sabtu (22/01/2022).

Lokasi lahan seluas 5 hektar yang bakal dijadikan kawah candradimuka bagi atlet disabilitas tersebut berada di kelurahan Delingan Karanganyar.

Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa, training camp atlet pelatnas NPC ini sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi para atlet paralimpik di Indonesia.

“Sebagai penunjang prestasi atlet pelatnas NPC, kami berharap secepatnya, minimal sebelum Paralimpiade Paris 2024 mendatang. Bahkan nantinya para atlet pelatnas Paralimpic sudah berangkat dari lokasi training camp itu,” ungkap Menpora Zainudin Amali.

Menurutnya, pembangunan training camp juga sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah yakni memberikan kesetaraan dan fasilitas yang sama antara atlet non difabel dan difabel.

“ Pembangunan training camp ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah. Yakni  memberikan kesetaraan juga fasilitas yang sama antara atlet olimpiade (non difabel)  dengan  paralimpiade atau atlet  difabel,” ujarnya.

Saat ditanya wartawan kapan dimulainya pembangunan traiing camp bagi atlet NPC  menurutnya akan diserahkan ke Kementerian PUPR.

“ Untuk pembangunan termasuk anggaran yang menentukan adalah Kementerian PUPR,” tandasnya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi pemerintah pusat yang akan membangun training camp NPC di Bumi Intanpari.

“Sebagai tahap pertama kami bakal secepatnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar untuk bisa mempersiapkan dan mendukung pelaksanaan pembangunan tersebut,” ujar Bupati.

Sementara  itu Ketua NPC Indonesia Seny Marbun mengatakan pembangunan training camp nantinya akan menjadi pusat untuk menjaring atlet yang akan bergabung dengan pelatnas Paralimpic.

“Pembangunan training camp menurutnya memiliki dampak yang luar  biasa untuk atlet sebab semua kebutuhan akan dipusatkan training camp,” tukas Seny Marbun. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar