Menpora, Minta Kepala Daerah Ikut Sosialisasikan DBON di Wilayahnya

KBRN Surakarta :  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada para kepala daerah baik itu Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk ikut mensosialisasikan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Sosialisasi DBON itu bisa dilakukan terutama di masing-masing internal jajarannya.

Permintaan itu dilakukan Menpora kepada wartawan usai melakukan sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 yang digelar di kampus UNS Surakarta, Minggu (28/11/2021).

Pihaknya berharap peserta yang terdiri dari Provinsi, Kabupaten, Kota yang hadir bisa segera mengetahui tentang Perpres 86 dan bisa mensosialisasikan di lingkungan internalnya dulu.

“Karena perpres 86 masih baru sehingga sosialisasi gencar juga harus dilakukan belum mengarah ke implelementasi. Namun target dari DBON adalah terjadi pada Olimpiade dan Paralimpiade Pada tahun 2024 di Perancis,” ujar Menpora.

Lebih lanjut Menpora Zaindun Amali juga menjelaskan, untuk tingkat pusat DBON ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin, sementara Menpora sebagai pelaksana harian.

“Sedangkan di tingkat provinsi  sebagai ketua otomatis pimpinan daerah mulai dari Gubernur, Walikota dan Bupati,” tandasnya.  

Dalam mensosialisaikan DBON selain bekerjasama dengan perguruan tinggi, pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.  

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mendukung penuh kebijakan Menpora termasuk DBON.

“ Kota Solo siap menjadi salah satu destinasi untuk wisata olahraga atau sport tourism,” ungkap Gibran.

Dukungan juga disampaikan Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho yang menyambut baik dan memberikan apresiasi atas lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON. Prof.

“ Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara yang memiliki prestasi olahraga di kancah internasional,” tukas Prof. Jamal. (Edwi).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar