UNS Berikan Penghargaan Bagi Atlet Berprestasi Peraih Medali PON XX Papua

KBRN Surakarta : Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan penghargaan  bagi mahasiswa setempat yang meraih medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Penghargaan kepada 8 mahasiswa peraih sembilan medali, berupa uang pembinaan, pembebasan uang Kuliah Tunggal (UKT), serta beasiswa studi lanjut untuk yang mendapat emas dan perak.

Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho mengatakan, penghargaan prestasinya ada tiga emas, tiga perak dan empat perunggu dan hal itu merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi UNS.

“Kita doakan di ikon-ikon mendatang baik di tingkat nasional maupun internasional itu bisa memberikan warna terhadap Universitas Sebelas Maret,” kata Prof. Dr Jamal Wiwoho dalam acara Pemberian Penghargaan Atlet PON XX Papua 2021 dan Pelepasan Atlet Peparnas XVI Papua 2021 Mahasiswa UNS bertempat di Ruang Sidang IV Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS kampus setempat, Jumat (22/10/2021).

Rektor Prof. Dr Jamal Wiwoho didampingi Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS Dr. Sapta Kunta Purnama dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS Prof. Ismi Dwi Astuti juga mengatakan UNS akan memberikan penghargaan bagi mereka yang mempunyai prestasi di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

“Kebijakan pemberian penghargaan akan menjadi inspirasi, bahwa semua berpeluang untuk memberikan kontribusi terbaik,” ujarnya.

Mahasiwa UNS yang berhasil meraih medali emas di PON XX Papua 2021 mendapatkan uang pembinaan Rp 4,5 juta dan pembebasan UKT serta kesempatan untuk studi lanjut gratis hingga jenjang S-3.

Untuk mahasiswa  peraih medali perak, juga mendapatkan  Rp 3,5 juta dan pembebasan UKT dan  diberi kesempatan studi lanjut hingga jenjang S-2 secara gratis.

 “Sedangkan, bagi yang meraih medali perunggu kalian dibebaskan UKT-nya selama berkuliah di UNS dan nanti diberikan juga uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta,” jelas Prof. Jamal.

Pada bagian lain  Rektor UNS berharap prestasi atlet PON XX Papua tahun 2021 menjadi virus yang menyebarkan semangat kepada atlet Peparnas 2021.

Sehingga lima mahasiswa  yang akan berlaga di Peparnas XVI Papua tahun 2021 ini akan mendapatkan kan hadiah atau mendapatkan medali kejuaraan yang saya harapkan semuanya mendapatkan medali emas .

“Ya kalau mendapatkan emas semua berarti kalian nanti bisa S1 gratis S2 gratis S3 gratis. Tapi kalau kalian mendapatkan perak S1 dan S2 nya gratis dan manakala mendapatkan perunggu dalam Peparnas XVI ini S1-nya bisa kami berikan gratis untuk UKT-nya,” tambah Prof Dr Jamal Wiwoho.

Dekan FKOR UNS Dr. Sapta Kunta Purnama mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Prof. Jamal yang telah memberikan mahasiswanya dengan bonus melimpah.

Pihaknya berharap pemberian bonus dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berlomba-lomba memberikan kontribusi terbaik bagi UNS, baik di perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

Dalam gelaran PON XX Papua 2021, UNS  mengirimkan sembilan mahasiswa mewakili daerah masing masing dan hanya satu yang belum berhasil meraih medali.

Medali emas dipersembahkan  Janan Salma dari cabor basket, Lukman L. Hakim dari cabor baseball, dan Khoirudin Mustakim dari cabor pencak silat tanding kelas B.

Medali perak dipersembahkan Fauziyyah Rahma dari cabor renang 4×200 meter freestyle relay women dan Agung Wahyudi dari cabor atletik lompat jangkit.

Sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh Ashifa’ Helsa dari cabor selam kolam 200 meter, Nadia Haq dari cabor pencak silat  kelas B, dan Adira Kurniawati dari cabor anggar sabel beregu putri. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00