FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Piala Walikota Solo Ditunda Sepekan, Bakal Bergulir 29 Juni

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan pers di Halaman Balaikota Surakarta.

KBRN, Surakarta: Panitia penyelenggara Piala Walikota Solo 2021 (Mahaka Sport) memutuskan menunda turnamen pramusim sepak bola Piala Walikota Solo 2021. Piala Walikota Solo 2021 dijadwalkan ulang pada 29 Juni - 4 Juli mendatang.

Sedianya turnamen tersebut akan dilaksanakan pada 20 - 26 Juni 2021 bertempat di Stadion Manahan Solo. Keputusan penundaan ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kasus COVID-19 di Jawa Tengah. 

"Dan atas instruksi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta hasil koordinasi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Tengah untuk mengurangi aktivitas yang melibatkan kerumunan," tulis rilis panitia Piala Walikota Surakarta yang diterima RRI, Kamis (17/6/2021).

Panitia penyelenggara telah berkoordinasi secara intensif dengan Pemerintah Kota Surakarta, pihak kepolisian, dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 di Jawa Tengah dalam pengambilan keputusan penundaan kompetisi ini. 

Seluruh pihak yang terlibat, termasuk panitia penyelenggara, Pemkot Surakarta, dan klub-klub peserta mendukung penuh keputusan penundaan ini sebagai komitmen untuk mencegah penularan virus corona dan menekan angka kasus COVID-19 di Indonesia.

"Piala Walikota Solo 2021 ditunda dan dijadwalkan ulang pada 29 Juni - 4 Juli mendatang," lanjut dari rilis tersebut.

Klub-klub peserta yang telah terdaftar memutuskan untuk tetap mengikuti Piala Wali kota Solo 2021 setelah mengalami penundaan jadwal, dan tidak ada yang mengundurkan diri dari keikutsertaan kompetisi.

Panitia penyelenggara beserta pihak terkait akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah, Satgas COVID-19, dan pihak kepolisian dalam pengambilan keputusan lebih lanjut terkait keberjalanan Piala Walikota Solo 2021. 

"Mari berkonsentrasi untuk membantu menekan angka penularan COVID-19 dengan tetap jaga diri dan mematuhi protokol kesehatan," akhir rilis panitia.

Dikonfirmasi Walikota Gibran Rakabuming membenarkan penundaan tersebut. Gibran mengatakan sebenarnya pihak panitia telah menyiapkan segalanya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

"Kami sebenarnya sudah sesuai dengan SOP. Semua pemain sudah divaksin dan kita swab juga. Laga tanpa penonton, silahkan menonton dari rumah saja," beber Gibran di Balaikota.

Adapun Gibran Putra sulung presiden Jokowi ini berharap mundurnya jadwal Piala Walikota Solo ini tidak berbenturan dengan agenda lainnya. Terutama Piala AFC yang diikuti Bali United.

Namun jika Bali United mundur karena jadwal Piala Walikota Solo mepet dengan Piala AFC pelaksanan akan mencarikan tim pengganti. "Sejauh ini belum ada tim yang mengajukan mundur," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00