FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Solo Kebut Vaksinasi, Setelah Pedagang Lanjut Lansia dan Guru

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau vaksinasi pedagang.
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau vaksinasi pedagang di Pasar Gede Solo.

KBRN,Surakarta: Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pelayan publik di Kota Solo langsung dikebut. Usai menyasar pedagang Pasar Gede dan Klewer vaksinasi akan dilakukan terhadap lanjut usia (lansia).

“Lalu kita lanjut Pasar Depok, Pasar Harjodaksino. Kemarin yang lansia juga sudah daftar online. Besok Senin sudah mulai divaksin juga. Jadi kita ngebut,” kata Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka disela meninjau vaksinasi pedagang di Pasar Gede dan Klewer Solo, Sabtu (27/2/20210.

Gibran sapaan akrabnya mengatakan, setelah lansia penyuntikan vaksin menyasar para tenaga pendidik sebagai persiapan sekolah tatap muka. “Habis itu kita guru kita sudah mulai nyicil, langsung cepet banget di Solo. Kemarin teman-teman wartawan juga sudah divaksin semua,” ujarnya.

Sementara ditanya hasil pantauan vaksinasi pedagang Gibran mengatakan cukup baik. Menurutnya paling penting pedagang antusias semua untuk mendapatakan vaksin.

“Pedagang kompak semua untuk divaksin. Ini tadi beberapa pedagang yang sudah divaksin tidak ada keluhan sama sekali, paling kemeng atau apa dan biasa. Kita salut semua sama pedagang pasar Gede,” kata ayah Jan Ethes itu.

Gibran berharap setelah vaksinasi ekonomi kota Solo segera bangkit dan pulih. Namun demikian walikota meminta pedagang tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Semoga setelah divaksin sehat semua, pasarnya tambah rame. Paling penting protokol kesehatan tetap di terapkan.”

Sementara itu jumlah pedagang yang divaksin di Pasar Tradisional Kota Bengawan, Pasar Gede 680 orang. Sedangkan Pasar Klewer 3 800 orang.

Vaksinasi untuk Pasar Gede Sabtu-Minggu (27-28/2) sedangkan di Pasar Klewer, diperkirakan selesai Jumat 5 Maret.

Untuk diketahui, Walikot Gibran dan Wakilnya Teguh Prakosa melanjutkan safari blusukan ke Pasar Geda dan Klewer, memantaupelaksanaan vaksinasi bagi para pedagang pasar. Gibran bersama rombongan datang sekitar pukul 09.30 WIB. Dirinya langsung menuju ke sisi timur Pasar Klewer tempat pelaksanaan vaksin.

Usai berbincang dengan petugas kesehatan dan memastikan semua lancar, Gibran turut memasuki bilik vaksin dan berbincang dengan lansia yang usai disuntik.

Setelah itu Gibran-Teguh mengunjungi Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Benteng Vastenburg, Surakarta. Gibran berkeliling rumah sakit darurat untuk memastikan kesiapan RS yang dibangun oleh TNI AD itu. Ia didampingi Danrem 074/WRT Kolonel Inf. Rano Tilaar,  Letkol CKM dr.Ardianto Pramono SpRad(K)RI selaku Danrumkitlap Benteng Vastenburg, bersama jajaran.

Gibran meninjau tenda posko, ruang administrasi dan pusat komando, ruang personel hingga ruang perawatan. Letkol CKM dr. Ardianto Pramono turut mendampingi Gibran meninjau ruang lab, ruang farmasi, dll. "Di sini ada 82 ruang perawatan, tapi syukur belum ada pasien positif Covid-19," kata dr.Ardianto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00