6960 Vaksin Covid 19 Tiba Di Karanganyar, Senin Mulai Pencangan Vaksinasi Tahap Pertama

KBRN, Karanganyar: Sebanyak 6960 vaksin Covid 19 tiba di Kabupaten Karanganyar pada, Sabtu (23/1/21) petang. 

Rencananya, ribuan vaksin covid 19 tahap pertama itu, akan digunakan untuk seluruh Tenaga Kesehatan di Kabupaten Karanganyar.

Dari informasi yang dihimpun RRI, vaksin covid 19 tersebut, diambil langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menggunakan kendaraan khusus di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Diperkirakan, vaksin tiba di Karanganyar sekitar pukul 18.15 wib. 

Dikonfirmasi wartawan, Sekretaris Dinas Kesehatan Karanganyar Purwati menjelaskan, sebagian vaksin sudah langsung didistribusikan di beberapa puskesmas seperti puskesmas Colomadu, Kebakkeramat, Tasikmadu, Jaten, serta RSUD Karanganyar. 

"Kita tadi kan ambil langsung di Semarang, ya kita drop di fasya kes yang sejalur dengan kepulangan, ya di puskesmas Colomadu, Kebakkeramat, Tasikmadu, Jaten, sama RSUD Karanganyar," jelasnya kepada wartawan.

Kemudian, lanjut Purwati, sebagian lagi disimpan sementara di kantor dinas Kesehatan Karanganyar untuk nantinya didistribusikan ke seluruh puskesmas pada, Minggu (24/1/21). 

"Sisanya, sementara disimpan di kantor dinkes, besok pagi mulai didistribusikan ke puskesmas lainnya," ungkapnya. 

Purwati memastikan, seluruh puskesmas dan rumah sakit yang sudah menerima vaksin covid 19, memilik tempat penyimpanan khusus, lantaran sebelumnya sudah dilakukan monitoring. 

"Sebelumnya kan kita sudah monitoring, sudah kita cek, jadi mereka itu sudah siap semuanya, sudah punya tempat khususnya," terangnya.

Ditambahkan Purwati, setelah semua vaksin terdistribusi, rencananya, pada, Senin (25/1/21), akan dilakukan pencanangan vasinasi covid 19 di kabupaten Karanganyar. Nantinya, vaksinasi akan diawali pemberian vaksin Covid 19 kepada 10 tokoh masyarakat, yang kemudian diikuti pemberian vaksin secara serentak kepada para tenaga kesehatan. 

"Senen itu rencananya pencanangan, nanti ceremonial 10 tokoh dulu divaksin baru diikuti vaksin kepada tenaga kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Karanganyar Dwi Rusharyati mengatakan, untuk sementara fasyankes yang siap melayani Vaksinasi baru 21 puskesmas dan 2 Rumah Sakit. 

"Sementara yang baru siap itu 23 fasyankes, 21 puskesmas sama 2 Rumah sakit, itu mereka yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan," jelasnya. 

Namun, lanjut Dwi, pihaknya mengusulkan 13 fasyankes baru untuk tahap vaksinasi, dengan pertimbangan bisa mempercepat proses vaksin terhadap tenaga kesehatan. 

"Kita kan diminta cepat selesai vaksinasi, jadi kita usulkan 13 fasyankes baru, yang kita usulkan sedang menjalani pelatihan vaksinasi dulu, sebagai proses persiapan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00