FOKUS: #VAKSIN COVID-19

RS Lapangan Benteng Vastenburg Mulai Didirikan, Tampung 94 Bed

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo didampingi Kasrem O74 Warastratama, Komandan Kodim 0735 Surakarta melihat logistik RS lapangan di Benteng Vastenburg
Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel Rano Tilaar kiri memeriksa kelengkapan logistik RS Lapangan di Benteng Vastenburg Solo.

KBRN, Surakarta: Rumah Sakit Lapangan yang diinisiasi TNI AD siap dirikan di Benteng Vastenburg Solo. Logistik untuk rumah sakit hari ini, Jumat (22/1/2021) mulai berdatangan dari Jakarta. RS Lapangan ini tersedia 94 tempat tidur untuk pasien Covid-19. 

"Kemarin logistik RS lapangan mulai dimobilisasi dari Jakarta ke Solo. Dan kita saksikan kendaraan yang mengangkut logistik perlengkapan ini telah tiba dengan selamat. Proses hari ini setelah salat Jumat kita mulai untuk mendirikan RS lapangan," kata Komandan Korem 074 Warastratama Surakarta Kolonel Inf Rano Tilaar disela menerima logistik RS.

Proses pendirian RS lapangan akan langsung dilaksanakan. Diperkirakan butuh waktu 7 hari RS lapangan akan berdiri. Hanya saja untuk operasional ditentukan kesiapan para Nakes. 

"Ada beberapa hal teknis yang dibutuhkan kondisi steril, irigasi yang siap kemudian MCK yang siap dan lain-lain. Nah ini butuh waktu tambahan beberapa hari lagi," beber Rano.

Dia memperkirakan Februari mendatang RS lapangan beroperasi. Adapun fasilitas yang ada di RS lapangan itu berupa tenda lapangan dilengkapi ruang laboratorium. Kemudian ruang sterilisasi ruang perawatan baik gejala ringan dan atau tanpa gejala (OTG).

Sementara terkait tingkat keamanan RS lapangan ditengah cuaca ekstrem, Danrem mengatakan, RS ini ideal. Di negara maju yang punya angkatan bersenjata maju memang diperuntukkan di daerah tempur. "Jadi tentu military espek akan bisa memproteksi dengan kondisi cuaca berubah ubah."

Rano juga mengatakan bahwa semua tenaga kesehatan nantinya dari TNI. Baik dokter maupun perawat. Kecuali jika nanti kekurangan dokter maka komandan RS lapangan dr.Ardianto akan berkordinasi dengan pemerintah daerah. 

"Komandan RS akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Soloraya minta bantuan nakes. Kalau dibutuhkan."

Sementara itu Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mendukung pendirian RS lapangan dari TNI AD ini. Apalagi saat ini kasus Covid-19 terus melonjak. 

"Ini sangat membantu sekali kalau terjadi ledakan (pasien covid-19)," kata walikota saat meninjau kesiapan RS lapangan di Benteng Vastenburg. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00