Dokter Lo Terima Penghargaan MURI "Maha Karya Kebudayaan bidang Kesehatan"

KBRN, Surakarta : Pengabdian tulus yang dilakukan dokter legendaris Solo  Lo Siauw Ging memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat mendapatkan penghargaan  Maha Karya Kebudayaan di Bidang kesehatan dari Museum Rekor Indonesia ( MURI ). Karena masih masa Pandemi Covid-19, acara penghargaan dilakukan secara virtual, sedangkan fisik Piagam Penghargaan dititipkan terlebih dahulu melalui Presiden  Aeng-Aeng Mayor Haristanto.

Pendiri MURI Jaya Suprana menyatakan, Penghargaan Maha Krya Kebudayaan tidak diberikan kepada sembarang pihak, namun hanya tokoh-tokoh khusus yang memiliki peran penting. Pengabdian tulus dokter Lo , menjadikannya  layak menerima pengharhaan istimewa MURI tersebut.

“ MURI mewakili bangsa Indonesia menyampaikan piagam penghargaan Maha Karya Kebudayaan di bidang kesehatan. Tidak sembarang orang bisa mendapatkan penghargaan in. Hanya tokoh-tokoh yang layak bisa menerima penghargan tersebut. Dr Lo sangat layak karena beliau mengutamakan kemanuasiaan dengan tidak memungut biaya kesehatan bagim kaum miskin, “ kata Jaya Suprana melalui live streaming, Kamis (10/9/2020 ).

Dokter Lo menerima penghargaan tersebut dengan rendah hati dari ruang kerjanya di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo. Menurutnya, yang ia lakukan tersebut sebenarnya biasa saja dan bisa juga dilakukan semua dokter. Pria 86 tahun ini kemudian berkelakar memberikan pesan kepada para dokter muda. Menurutnya hidup menjadi dokter di Indonesia dengan cara apapun bahkan melakukan layanan sosial dan kemanusiaan tak akan membuat dokter kelaparan.

“ Yang saya lakukan itu biasa dan bisa dilakukan semua dokter sekarang. Saya pesan kepada para dokter muda, rasanya  jika para dokter bekerja di Indonesia dengan menggembangkan konsep sosial kemanusiaan tidak akan kelapartan,” kata dokter Lo.

Penghargaan Maha Karya Kebudayaan di Bidang Kesehatan untuk dokter Lo ini mewarnai momentum 30 tahun Museum Rekor Indonesia berkarya di tengah Masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00