Ditengah Pandemi, Kader Posyandu Solo Beri Vitamin A Balita Secara Door to Door

KBRN, Surakarta:Meski masih dalam masa pandemi, namun karena bertepatan dengan bulan Agustus sebagai bulan pemberian Vitamin A bagi Balita di bawah 5 tahun maka pemberian Vitamin A ini tetap harus dilakukan.

Petugas gizi di Puskesmas Setabelan Ruly Sudaryanto mengungkapkan sesuai dengan arah kebijakan Dinas Kesehatan Kota-DKK Kota Surakarta, pemberian Vitamin A akan diserahkan langsung dari Puskesmas-Puskesmas kepada setiap kader kesehatan atau Posyandu di setiap Kelurahan.

”Jadi untuk distribusi kapsul Vitamin A di masa pandemi Covid 19 tahun ini, kita bekerjasama dengan kader, dimana nanti kapsul Vitamin A kita bagikan sesuai dengan jumlah Balita yang ada di masing2 Posyandu," jelas Ruly kepada RRI, Selasa (11/8/20).

Lebih lanjut, Ruly membenarkan pembagian Vitamin A di masa pandemi ini bekerjasama dengan kader Posyandu dengan harapan bisa mendistribusikannya ke setiap Balita yang ada di wilayah Posyandunya masing-masing.

"Dengan menggandeng kader itu harapannya masing2 kader bisa mendistribusikan ke Balita yang ada di wilayah Posyandunya masing-masing, jadi tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Kader kesehatan sekaligus Ketua Posyandu Cempaka, Kampung Jogobayan, Kelurahan Setabelan, Banjarsari Solo Sri Wahyuni mengaku sudah menyelesaikan pembagian Vitamin A kepada 32 Balita di kampungnya. Pihaknya dengan protokol kesehatan Covid 19 telah langsung membagikan Vitamin A tersebut ke setiap rumah Balita

”Kemarin saya itu muter ke rumah2 penduduk, banyak tamu yang pulang ga bisa pulang lagi, trus punya Balita, ga bisa dapatkan Vitamin A," bebernya.

Menurut Sri Wahyuni, meski Puskesmas telah membagi Vitamin A sesuai jumlah Balita yang ada, namun tidak menutup kemungkinan untuk menambah lagi. Hal ini terjadi karena ada beberapa pendatang di kampungnya yang mempunyai Balita  belum bisa kembali ke daerah asal karena Pandemi Covid 19.

"Ada yang langsung minta ke saya, jatah dari Puskesmas kan pas, saya hubungi Pak Ruli apa bisa tamu dikasih Vitamin A, dan bisa, maka saya minta lagi ke Puskesmas dan dikasih,” katanya.

Adapun Untuk Balita usia 6 sampai 11 bulan mendapatkan Vitamin A warna biru 100 ribu International Unit-IU, dan Balita usia 12 sampai dengan 59 bulan mendapatkan Vitamin A warna merah 200 ribu IU. (DESK: ARGA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00