Kades Positif Covid-19, Kantor Desa di Gemolong Sragen ini Lockdown Sementara

Kantor Balai Desa Tegaldowo Gemolong tampak dari depan.

KBRN,Sragen: Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sragen menutup sementara Kantor desa Tegaldowo Kecamatan Gemolong. Kantor desa sementara ini berhenti memberi pelayanan masyarakat, menyusul Kepala Desa (kades) Sutiyo yang dinyatakan positif Covid-19. 

Camat Gemolong Kurniawan Sukowati menyampaikan saat ini tidak ada pelayanan di kantor desa. Karena dari para perangkat baru saja menjalani tes swab Covid-19 dan diminta untuk melakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil.

”Sementara tidak beroperasi karena perangkatnya sedang isolasi mandiri. Untuk jangka waktunya kita kordinasi dengan gugus tugas setelah hasil test para perangkat keluar,” bebernya Senin (3/8/2020).

Lantas untuk layanan administrasi desa bakal dibackup oleh kecamatan. Langkah itu dilakukan agar kebutuhan administrasi masyarakat tetap berjalan. 

”Untuk kebutuhan yang mendesak dan penting kami backup, tapi yang sekiranya bisa ditunda harap menunggu sampai kantor desa kembali dibuka,” ujarnya.

Sementara Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Sragen mewanti-wanti agar para Kepala Desa (kades) lebih waspada dengan covid-19. Karena kades menjadi ujung tombak berjalannya pemerintahan dan pelayanan masyarakat di tingkat desa.

"Adanya kades yang dinyatakan positif covid-19 menjadi pembelajaran bersama. Bahwa virus tersebut bisa menyerang siapa saja. Sebagai kades memang harus fit betul. Dalam rangka untuk melakukan sosialisasi dan mendorong masyarakat untuk bisa terhindar dari corona,” kata Ketua FKKD Sragen Sutrisno.

Dia tidak menampik jika seorang kades sakit akan mengganggu pelayanan masyarakat. Termasuk covid-19 yang tidak memungkinkan untuk bertemu dengan warga. ”Padahal saya yakin kiprah kades pada saat pandemi ini sangat diharapkan,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00